Tiga Rumah di Lotim Rusak Diterjang Puting Beliung

Rumah rusak akibat puting beliung di Sambelia Lombok Timur. (Suara NTB/TRC BPBD Lotim)

Mataram (Suara NTB) – Sedikitnya tiga rumah rusak akibat diterjang angin puting beliung di Lombok Timur (Lotim), Jumat,  29 November 2019. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian  ini. Laporan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lotim, kejadian di dua dusun pada Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia.

“Terjadi bencana angin puting beliung dengan intensitas ringan pada pukul 14.30 wita di Dusun Purwa Karya dan Dusun Tibu Borok,” kata Kepala Pelaksana BPBD NTB H. Ahsanul Khalik.

Dampak kejadian itu, tiga unit rumah rusak ringan. Rinciannya, dua unit di Dusun Purwa Karya milik I Made Suparta (25) dan I Wayan Risana (22) pegawai PLTU dan satu rumah di Dusun Tibu Borok milik Mustafa (35).  Rata-rata rumah rusak pada bagian atap akibat tersapu angin.

Upaya penanganan yang dilakukan timnya, dengan mengecek lokasi dan asesment. Sementara kebutuhan mendesak dan sudah ditangani, terpal 6 buah dan logistik. Pada kesempatan itu, Ahsanul Khalik mengingatkan, peralihan musim masih akan terus berlangsung dalam beberapa hari kedepan.

“Dihimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat mengantisipasi akan potensi bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung yang dapat terjadi,” jelasnya. (ars)