Rekrutmen CPNS 2019, IPK Pendaftar di Lotim Minimal 2,50

Kabid Data dan Firmasi BKPSDM Lotim,  Yulian Ugi Lusianto (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dibuka Senin, 11 November 2019 secara serentak di seluruh Indonesia. Terdapat beberapa persyaratan baru dalam penerimaan CPNS tahun ini. Selain pendaftaran hanya berbasis online, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari pendaftar minimal harus 2,50 khusus untuk Kabupaten Lotim.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin,  11 November 2019, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim, H. M. Isa, SAP, melalui Kepala Bidang Data dan Formasi, Yulian Ugi Lusianto, menyebutkan untuk penerimaan formasi CPNS di Kabupaten Lotim tahun 2019 sebanyak 482 formasi dan sudah diumumkan sejak tanggal 10 November 2019 melalui website, media sosial hingga ke masing-masing OPD.

Dari 482 formasi ini didominasi oleh tenaga guru sebanyak 273 formasi, tenaga kesehatan 152 formasi dan sisanya 57 formasi tenaga teknis. Di mana untuk tahun ini Kabupaten Lotim hanya membuka untuk formasi umum dan tidak ada formasi khusus dengan usia maksimal 35 tahun.

Adapun dalam aturan terbaru saat ini, IPK dari pelamar dibatasi. Di mana untuk Kabupaten Lotim IPK pelamar minimal 2,50. Apabila IPK pelamar di bawah 2,50, maka pelamar tersebut dinyatakan gugur, karena dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi. Dijelaskan Ugi-sapaan akrabnya, dipersyaratkannya IPK 2,50 ini supaya sumber daya manusia (SDM) yang direkrut sebagian PNS ini lebih baik.

“Sebelumnya tidak memakai standar IPK. Apabila IPK di bawah 2,50, maka dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi. Beberapa daerah juga mempersyaratkan IPK 2,50, ada juga IPK minimal harus 2,75,”terang Ugi.

Sementara dalam tes di seleksi kompetensi dasar (SKD) tetap menggujikan tiga poin di antaranya tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP). Begitupun untuk seleksi kompetensi bidang (SKB) tetap menggunakan jenis tes tahun tahun lalu.

Mengingat pendaftaran CPNS tahun 2019 berbasis online, BKPSDM Lotim mengimbau kepada pelamar untuk mewaspadai adanya penipuan yang dilakukan oknum tertentu. Di mana data pendaftar akan langsung terinput ke BKN sehingga kecil kemungkinannya adanya permainan. Di samping itu, diimbau kepada pelamar untuk memastikan NIK dalam KTP maupun KK sudah online. Termasuk data serta berkas harus discan warna dan proses discan tersebut tidak terputus serta harus jelas formasi tempatnya mendaftar.

Adapun dalam rekrutmen CPNS 2019 ini, sejak dibuka 11 November 2019 hingga 25 November 2019. Untuk seleksi SKD pada bulan Februari 2020 dan SKB pada bulan Maret menggunakan sistem CAT. Kemudian untuk pengumuman akhir pada bulan April dan pemberkasan bagi peserta yang lulus pada pengumuman akhir dilakukan pada bulan Mei 2020. (yon)