Rekrutmen CPNS, Pembuatan SKCK di Polres Lotim Meningkat

Sejumlah masyarakat yang didominasi calon PNS saat mengurus pembuatan SKCK di Polres Lotim. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Mulai Senin, 11 November 2019,  pemerintah pusat mulai membuka rekrutmen CPNS 2019 untuk semua daerah di Indonesia. Para pelamar berusaha melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar CPNS, yakni Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Di Polres Lotim, pembuatan SKCK meningkat.

“Pembuatan SKCK ada peningkatan dari minggu ketiga dari 232 permintaan, sementara pada minggu ke empat permintaan sebanyak 245. Penyebabnya karena pembukaan CPNS dan menjadi persyaratan mutlak,” terang Kasat Intelijen Polres Lotim, AKP. Iwan Sugianto,SH, Senin,  11 November 2019.

Selain CPNS, kata dia, permintaan juga datang dari masyarakat yang ingin melamar pekerjaan. Adapun syarat untuk membuat SKCK ini berupa foto 4×6, rekomendasi desa dan polsek. Kendati permintaan meningkat, Iwan menjamin jika ketersediaan blanko tetap ada serta disediakan genset apabila sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik.

Mantan Kasat Intel Lombok Barat ini, mengungkapkan jika proses pembuatan SKCK tidak lebih dari 5 menit dan tidak ada pembuatan SKCK di luar Polres Lotim. Maka dari itu, ia mengimbau supaya masyarakat datang sendiri karena tidak ada yang dipersulit. “Sekira datang proses cepat,” harapnya.

Bahkan, kata dia, petugas yang melayani pembuatan SKCK diawasi langsung oleh provost untuk mencegah adanya petugas yang bermain. Pengawasan yang sama dilakukan seperti pada pelayanan SIM ataupun pelayanan yang berkaitan langsung dengan masyarakat. (yon)