Pinjam di Bank, Warga Miskin di Lotim Dapat Subsidi

Ilustrasi Bank

Advertisement

Selong (Suara NTB) – Pemkab Lombok Timur (Lotim) mencoba membuat sejumlah inovasi dalam rangka akselerasi pengentasan kemiskinan. Di antaranya akan memberikan subsidi bunga dan premi Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) untuk warga miskin.

Bentuk inovasi yang dilakukan Pemkab Lotim menurut Wakil Bupati, H. Rumaksi Sjamsuddin adalah inovasi pemberian subsidi bunga bank. Dalam hal ini, Pemkab Lotim sudah menyiapkan Rp5 miliar anggaran tahun 2020 mendatang untuk mewujudkan program tersebut. Anggaran ini, ujarnya, termasuk, asuransi terhadap ternak yang hilang ataupun mati.

Wabup mengaku, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan salah satu perbankan, yakni PT Bank NTB Syariah.  ‘’Angka Rp 5 miliar yang disiapkan ini diharapkan bisa diperuntukkan bagi 1.500 warga miskin,’’ ujarnya, Selasa,  5 November 2019.

Warga miskin yang dimaksudkan, tambahnya, adalah mereka yang sudah jelas datanya, yakni masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) atau sekarang disebut dengan istilah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Nantinya, warga yang meminjam di perbankan ini diberikan batasan waktu 1 tahun sampai 2 tahun. “Meminjam uang tanpa bunga, karena bunganya dibayarkan oleh pemerintah daerah,” ungkapnya. ‘’Semisal warga meminjam Rp 15 juta, maka kembali juga Rp 15 juta,’’ tambahnya.

Diakuinya, dalam pengembangan usaha pemerintah sudah memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR ini menjadi hal yang berbeda dengan yang dilakukan Pemkab Lotim, karena Pemkab memberikan subsidi bunga bank pada warga miskin yang meminjam di perbankan milik daerah. (rus)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.