Dikbud Lotim akan Revisi Pilihan Penggunaan Baju Adat Siswa

Murid di SDN 4 Korleko yang menggunakan pakaian adat, tapi bawahannya pakai sepatu dan disinyalir tidak sesuai dengan tata cara pakaian adat Sasak.

Selong (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Timur (Lotim) akan merevisi pilihan penggunaan baju adat kepada para siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pasalnya, ada sinyalemen pakaian adat yang digunakan tidak sesuai dengan adat Sasak yang asli.

Sekretaris Dinas Dikbud Lotim, Huzaefah yang dikonfirmasi Suara NTB, Kamis,  17 Oktober 2019 mengatakan anak-anak didik di satuan pendidikan disarankan juga turut menggunakan pakaian adat. Namun, pilihan pakaian adat yang dimaksud adalah yang sesuai dengan adat Sasak.

Menurutnya, setelah melihat sampel di SDN 4 Korleko ia mengetahui akar masalahnya dan akan mencoba memperbaiki pilihan penggunaan pakaian adat. Pakaian adat ini dinilai perlu digunakan, karena secara tidak langsung menanamkan nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal masyarakat adat Sasak.

“Saat ini sedang revisi kembali untuk anak-anak kita, tujuan kita menggunakan pakaian

adat supaya tepat budaya apa yang ingin ditanamkan kepada para anak-anak didik di Lotim,” ungkapnya, seraya menambahkan, yang ditemukan di SDN 4 Korleko akan dibenahi.

Sebelumnya, diketahui siswa SD menggunakan pakaian adat pada hari Sabtu. Saat ini, sesuai hasil rapat di Kantor Bupati Lotim beberapa waktu lalu, sudah ditetapkan ada ketentuan baru mengenai pakaian adat pegawai termasuk di lingkup Dikbud. Perubahan aturan waktu penggunaan pakaian adat ini berimbas pada pakaian digunakan para siswa di tingkat satuan pendidikan.

Pada hari Senin, menggunakan pakaian dinas harian warna coklat. Pada hari Selasa, menggunakan batik. Pada hari Rabu, pegawai menggunakan pakaian atasan putih dan celana hitam. Sedangkan pakaian adat ini dipakai pada hari Kamis. Kemudian hari Jumat minggu petama menggunakan pakaian Muslim, karena ada pengajian dan pada minggu kedua, ketiga dan ke empat pakaian olahraga. (rus)