Kasad Sebut TMMD Lotim Wujud Kemanunggalan TNI – Rakyat

Jenderal TNI Andika Perkasa mengecek pasukan saat prosesi penutupan TMMD di Lapangan Keruak Lotim. (Suara NTB/penrem)

Selong (Suara NTB) – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menilai ada hubungan emosional yang kuat antara TNI dengan rakyat. Wujud hubungan kuat itu terlhiat pada penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 tahun 2019 di lapangan Keruak Kecamatan Keruak Lombok Timur, Rabu , 7 Agustus 2019.

Upacara penutupan TMMD yang dihadiri Ketua Umum Persit KCK Ny. Hetty Andika Perkasa, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP., beserta istri, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah beserta istri, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri beserta istri dan Bupati Lotim Drs. HM. Sukiman Azmy, MM.

Dalam amanatnya, Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan upacara penutupan itu sekaligus menandai berakhirnya program TMMD yang bertema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Kasad melihat ada kemanunggalan kuat antara TNI dengan rakyat, sehingga TMMD yang bertujuan menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat  setempat  bisa tercapai.

“Bagi para Prajurit dan personel Satgas,  agar manfaatkan momentum TMMD

ini untuk meningkatkan kemanunggalan dengan rakyat, dengan terus menumbuhkan semangat gotong- royong dan etos kerja keras dalam masyarakat,” harap Jenderal bintang empat tersebut.

Selain itu, mantan Panglima Kostrad tersebut juga mengucapkan terimakasih kepada unsur Pemerintah Daerah dan masyarakat, serta semua pihak yang telah mendukung TMMD dengan tulus dan ikhlas.

Di lokasi upacara penutupan, juga hadir para Asisten Kasdam IX/Udayana, Forkopimda Lotim, Kasrem 162/WB, para Dandim dan Kasi Korem, pimpinan satuan dinas jawatan (Satdisjan) TNI, Persit KCK Koorcab 162, para SKPD Pemda Lotim, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Usai penutupan TMMD, Kasad didampingi Gubernur NTB, Pangdam IX/Udayana, Bupati Lotim menyerahkan kunci secara simbolis, sembako, perlengkapan mushola dan Poskamling kepada perwakilan masyarakat.

Selanjutnya Kasad bersama Pangdam IX/Udayana didampingi Bupati Lotim, Kasrem 162/WB dan Dandim 1615/Lotim selaku Dansatgas TMMD Kodim 1615/Lotim dan rombongan melaksanakan peninjauan stan  pameran, stan  pasar murah dan sembako gratis maupun stan  Baksos. (ars/*)