ASDP Kayangan Lirik Pembukaan Rute Wilayah Selatan Lombok

Dermaga Labuhan Haji Lombok Timur. Tempat ini menjadi salah satu yang masuk survei tim PT. ASDP Kayangan untuk bongkar muat dan lintasan kapal di wilayah selatan. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan terus mencoba melebarkan sayapnya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Di mana, saat ini pihak ASDP sudah melakukan survei awal untuk membuka rute atau lintasan pelayaran baru khususnya di wilayah selatan.

Demikian disampaikan General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan, Muhammad Yasin, Sabtu,  15 Juni 2019. Menurutnya, wilayah selatan cukup potensial untuk dibuka dan dikembangkannya rute pelayaran baru untuk kapal feri di wilayah selatan.

Langkah ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi padatnya jalur darat. Adapun wacana untuk dijadikan rute pelayaran kapal di wilayah selayan ini, mulai dari Pelabuhan Lembar ke Praya, kemudian Praya ke Labuhan Haji atau Telong-Elong kemudian menuju KSB apakah ke Labulalar atau Benete. “Sehingga masyarakat yang ingin ke KSB bisa melalui Labuhan Haji atau Telong-Elong, Praya dan Mataram,” terangnya.

Adanya penyeberangan laut ini, lanjutnya, paling tidak kendaraan-kendaraan barang maupun truk tidak lagi menggunakan jalur tengah, sehingga kondisi itu dapat mengurangi kepadatan jalan tengah seperti saat ini. Terlebih ke depan volume kendaraan akan terus mengalami peningkatan yang tidak diiringin percepatan di dalam peningkatan akses jalan. Termasuk berlayarnya kapal itu diyakini juga dapat menghidupkan daerah selatan.

“Kita harus bisa hidupkan daerah selatan dengan segala potensinya. Salah satunya dengan membuka rute pelayaran di daerah itu,” ujarnya.

Sementara, dari hasil survei awal yang dilakukan masih dilakukan pengkajian yang lebih mendalam lagi. Hasil dari survei tersebut nantinya akan disampaikan ke pemerintah daerah kabupaten/kabupaten kota untuk mendengar respon dan persetujuan dari masing-masing kepala daerah, termasuk oleh gubernur. (yon)