Proyek ‘’Ancol Mini’’ di Lotim Diklaim Tetap Berjalan

BERJALAN - Proyek taman rekreasi wisata di Pantai Labuhan Haji Lombok Timur. Pengerjaan proyek ini tetap berjalan dan hanya terhambat akibat gempa. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Keberadaan proyek ‘’Ancol mini yang terletak di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur (Lotim) diklaim tetap berjalan. Proyek ini sempat terhenti pengerjaannya diakibatkan terjadi gempa yang menguncang NTB beberapa waktu lalu. Demikian disampaikan PPK Proyek Taman Rekreasi Wisata Pantai Labuhan Haji pada Dinas Pariwisata (Dispar) Lotim, Hadi Jayari, Selasa,  18 September 2018

Ia menegaskan, untuk pembangunan tempat rekreasi di Labuhan Haji proses saat ini sedang penanganan fisik yang sempat terhenti akibat bencana gempa. Di mana pelelangan dilakukan sebelum gempa dengan alokasi anggaran berada di APBD Induk dan proses lelang dilakukan pada bulan Juli 2018. Selain pekerjaan sudah dimulai pada akhir bulan Agustus lalu, pihak kontraktor juga sudah melakukan pengambilan uang muka dengan batas waktu pengerjaan selama tiga bulan.

Untuk mencapai target yang sudah ditentukan itu, ia berharap proses pengerjaan dipercepat yang salah satunya dengan menambah pekerja. Pasalnya, terdapat lima kontraktor yang mengerjakan proyek taman rekreasi ini, di antaranya untuk pengerjaan pemagaran, gapura, MCK, pengurukan, penahan gelombang, fasilitas umum serta beberapa item lainnya dengan luas lahan 7 hektar. “Dari pembangunan sejumlah fasilitas itu. Kontraktor yang mengerjakannya berbeda-beda,” jelasnya.

Untuk itu, diharapkan pengerjaan dapat tuntas dilakukan dari tenggang waktu yang sudah ditentukan. Sehingga pada bulan Desember 2018, Dinas Pariwisata hanya melakukan pembayaran terhadap hasil pekerjaan beberapa kontraktor tersebut dikurangi uang muka yang terlebih dahulu diambil sebanyak 30 persen dengan total anggaran sebesar Rp9 miliar lebih.

Ke depan, diharapkan Labuhan Haji sebagai ikon tempat wisata, sehingga Labuhan Haji dikembangkan terutama sebagaimana perintah dari pemerintah pusat. Dengan pengembangan destinasi ini, diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan terutama untuk warga sekitar. (yon)