148 Narapidana Rutan Selong Dapat Remisi Kemerdekaan

Selong (Suara NTB) – Dalam rangka peringatan proklamasi kemerdekaan ke-72 RI tahun 2017, sebanyak 148 narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Selong dapat remisi. Dari jumlah itu, delapan di antaranya langsung bebas.

Upacara penyerahan remisi dilakukan langsung di Aula Rutan Selong, bertindak selaku inspektur upacara, Wakil Bupati Lotim, H. Haerul Warisin, Kamis, 17 Agustus 2017.

Kepala Rutan Kelas IIB Selong, Kurnia Panji Pamekas menyampaikan, 148 narapidana yang mendapatkan remisi kemerdekaan, terdiri dari 83 orang menerima remisi satu bulan, 21 orang menerima remisi dua bulan, 41 orang menerima remisi tiga bulan dan tiga orang menerima remisi empat bulan. Sementara, delapan orang yang langsung bebas mengikuti program cuti bersyarat (CB).

Kurnia mengatakan, 148 orang yang mendapatkan remisi umum pada momentum kemerdekaan ke-72 RI ini sudah memenuhi persyaratan, seperti berkelakuan baik selama di dalam rutan dan sudah menjalani masa tahanan selama enam bulan. Sehingga dari persyaratan itu mereka layak untuk mendapatkan remisi.

Sementara, dalam sambutan Menkumham yang dibacakan Wakil Bupati Lotim, H. Haerul Warisin, kemerdekaan yang dirasakan hari ini merupakan hasil kerja keras dan jerih payah para pendahulu kita. Untuk itu, ia mengajak supaya memaknai peringatan RI dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh penghayatan. (yon)