Penyeberangan Kayangan-Poto Tano Tak Terpengaruh Cuaca

Selong (Suara NTB) – Arus penyeberangan penumpang maupun kendaraan dari Pelabuhan Kayangan menuju Poto Tano ataupun sebaliknya hingga saat ini berjalan normal dan lancar. Pasalnya, cuaca buruk seperti hujan dan angin kencang sama sekali tidak terjadi di laut penghubung antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa tersebut.

Manajer SDM dan Umum, PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan, Jonggi WL Tambunan yang dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 3 Agustus 2017, mengklaim sejauh ini arus penyeberangan tetap normal. Cuaca buruk seperti hujan ataupun angin kencang sama sekali tidak terjadi. “Kondisi cuaca baik, hujan lima hari terakhir ini tidak pernah turun,” ujarnya via ponselnya.

Baca juga:  Harga Tiket Pesawat Mahal, Damri Rencanakan Layani Angkutan Antar Provinsi

Kendati demikian, Jonggi mengaku koordinasi antara pihak ASDP Kayangan dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tetap dilakukan untuk pemantauan cuaca atau kondisi alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi. “Alhamdulillah penyeberangan tetap lancar dan tidak ada masalah, koordinasi dengan BMKG intens kita lakukan,”sambungnya.

Jonggi menjelaskan, kondisi penyeberangan dikatakan bahaya apabila kondisi ombak di atas tiga meter. Namun kondisi hingga saat ini kapal dapat beroperasi secara normal tanpa adanya hambatan khususnya yang disebabkan oleh faktor cuaca.

Baca juga:  Gubernur Inspeksi Angkutan Lebaran

Menurutnya, jumlah kapal yang beroperasi dalam satu hari sebanyak 11 kapal baik dari Pelabuhan Kayangan maupun dari Pelabuhan Poto Tano. Termasuk, katanya, empat dermaga di dua pelabuhan tersebut sudah berfungsi secara normal sejak beberapa waktu lalu. “Sampai detik ini, tidak ada masalah. Tidak ada penumpukan penumpang,” tegasnya lagi. (yon)