Amankan Hultah NW, Polres Lotim Libatkan Tim Gegana Polda NTB

Selong (Suara NTB) – Untuk menjaga keamanan dan kelancaran peringatan Hultah NWDI ke-82 yang dirangkaikan dengan Haul ke-20 Almagfurulah Maulana Syaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid di Pancor, Polres Lotim menerjunkan sebanyak 380 personel dan didukung Tim Gegana Polda NTB sebanyak 75 personel.

Dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat, 28 Juli 2017, Kapolres Lotim, AKBP. Wingky Adhitiyo Kusumo, SIK, MH, mengatakan, pelibatan Tim Gegana Polda NTB untuk melakukan sterilisasi terhadap pelaksanaan Hultah NWDI ke-82, terutama di medan hultah atau ring satu.

Pelibatan tim gegana ini merupakan yang pertama kali dilakukan untuk melakukan sterilisasi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat tingkat kehadiran jemaah atau masyarakat dalam peringatan Hultah NWDI ke-82 cukup banyak.

Selain melibatkan tim gegana, Kapolres juga menyebut beberapa instansi terkait turut menjaga keamanan pelaksanaan Hultah NWDI yang bertempat di Pancor, di antaranya Satpol PP sebanyak 45 personel, TNI 30 personel dan Dinas Perhubungan sebanyak 45 personel.

Kapolres juga mengingatkan kepada masyarakat untuk mengantisipasi segala macam tindak kejahatan, seperti pencurian kendaraan bermotor di lokasi-lokasi parkir, pemalakan, keributan akibat salah paham serta hal-hal lain yang dapat memicu terjadi keamanan dan ketertiban umum (trantibum).

Sementara dari segi pengamanan arus lalu lintas, pihaknya akan melakukan rekayasa yakni, bagi kendaraan dengan tujuan Labuhan Haji akan dialihkan dari simpang empat PTC Pancor ke kanan, KUD, Pasar Soma hingga menuju Labuhan Haji.

Selain itu, dilakukan penyaringan terhadap kendaraan ke arah pertokoan Pancor dan menyetop semua jenis kendaraan yang memasuki simpang empat Pancor.

Selanjutnya, semua jenis kendaraan dihentikan menuju Simpang Empat Bermi Pancor dan arah menuju medan Hultah, kecuali tamu VVIP dan panitia. Selain itu, kendaraan yang dari arah Sakra maupun PTC dialihkan menuju Simpang Empat KUD dan tetap tidak diizinkan menuju Simpang Empat Pancor. (yon)