Pertahankan Keberadaan Cidomo, Kusir di Masbagik Gelar Perlombaan

Selong (Suara NTB) –Sebanyak 35 peserta dari kalangan kusir cidomo di Kecamatan Masbagik, Rabu, 25 Januari 2017 mengikuti Lomba Balap Cidomo. Perlombaan yang dipusatkan di belakang pasar tradisional Masbagik itu ditujukan untuk mempererat tali silaturrahmi antara pemerintah kecamatan bersama masyarakat, khususnya para kusir.

Termasuk dalam upaya mempertahankan keberadaan cidomo sebagai alat moda transportasi masyarakat. Untuk pembukaan lomba balap dilakukan Kepala Lingkungan Hidup dan Kehutanan  Lotim, Mulki mewakili Bupati Lotim, H. Moch. Ali Bin Dachlan.

Dikonfirmasi Suara NTB, Camat Masbagik, Muhammad Farhi, mengaku, lomba ini merupakan pertama kali. Kegiatan ini diikuti 35 peserta.

Adapun, katanya, jenis penilaian dalam, lomba ini terdapat berbagai jenis penilaian baik dari kecepatan menempuh babak finish maupun lainnya. Serta, untuk tingkatan kelas juara juga dibagi dalam empat jenis dilihat dari jenis kuda yang dimiliki oleh peserta.

Masing-masing kelas itu akan keluar masing-masing juara 1, 2 dan 3 dengan juara 1 mendapatkan hadiah sebesar Rp 3 juta, juara 2 mendapatkan Rp 2 juta dan juara 3 sebesar Rp 1 juta.
“Lomba di bagi dalam empat tingkatan, masing-masing diambil juara satu sampai juara tiga dengan total hadiah jutaan rupiah,” terangnya.

Disinggung apakah akan melakukan event yang lebih besar ke depannya, mantan Sekretaris Kecamatan Masbagik ini mengungkapkan kemungkinan itu besar terjadi, baik yang dilakukan tingkat kabupaten Lotim, se pulau Lombok maupun maupun se-NTB. Namun, sambungnya, dalam mengadakan event yang lebih besar tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan, baik dari segi keamanan, hadiah, maupun beberapa faktor lainnya. (yon)