Ali BD : Untung Orang Lombok Punya Tuan Guru

Selong (Suara NTB) – Bupati Lombok Timur (Lotim), H. Moch Ali Bin Dachlan menegaskan, orang Lombok sangat beruntung dengan keberadaan para tuan guru. Para tuan guru dinilai memiliki peranan yang sangat strategis menjaga keutuhan umat.

Berbicara dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Kembang Kerang Kecamatan Aikmel, Jumat, 16 Desember 2016, bupati menegaskan, tuan guru selama ini terus menyerukan ke arah kebaikan, sehingga masyarakat Lombok sampai saat ini tetap berada dan memegang teguh agama dan keimanannya.

Suku Sasak, kata bupati, meski miskinnya tidak pernah kita dengar menjual agamanya. Hal ini tidak lepas dari peranan tuan guru. Menjaga benteng keimanan masyarakat. Tidak seperti daerah lain, banyak didengar orang menjual agamanya demi uang. “Alhamdulillah Lombok masih dilindungi Allah SWT,” sebutnya.

Seruan mengajak kepada kebaikan dan kesabahan sebagaimana bunyi dari Perintah Allah dalam Quran Surah Al’ Ashr. Dalam firman Allah yang tertuang dalam Surah ke 103 dalam Kitab Suci Al Quran itu sangat merugi orang-orang yang tidak beriman dan tidak mengerjakan kebajikan dan saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran.

Sejauh ini, ajakan berbuat baik hanya datang dari tuan guru. “Bagaimana kemudian jika tidak ada tuan guru?” tanya Bupati. Semua orang, katanya, harus tetap berada para kebaikan dan kesabaran serta mengajak kepada kebaikan. ‘’Anggapan yang menyebut bukan itu urusan kita hendaknya tidak dimunculkan,’’ tambahnya. (rus)