Kereta Gantung Jadi Pemicu Pemerataan Pembangunan Pariwisata

0
8
ilustrasi kereta gantung rinjani (pexels)

Praya (Suara NTB) – Rencana pembangunan kereta gantung di jalur pendakian Gunung Rinjani disambut positif anggota DPRD Lombok Tengah (Loteng), khususnya yang dari daerah pemilihan (Dapil) VI (Batukliang-Batukliang Utara). Pembangunan kereta gantung ini akan bisa memberikan dampak positif yang besar, khususnya dalam memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat serta pemerataan pembangunan sektor pariwisata di daerah ini.

“Sebagai wakil rakyat, kita sangat senang dan setuju kereta gantung dibangun di jalur gunung Rinjani. Karena pembangunan kereta gantung ini akan bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” sebut anggota DPRD Loteng, M. Sidik, kepada Suara NTB, Rabu, 22 Januari 2020.

Dalam hal ini, ujarnya, masyarakat bisa bekerja di proyek kereta gantung ini. Termasuk, bisa membuka lapak-lapak usaha bagi para pengunjung kereta gantung dan diharapkan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Tidak hanya itu, tambahnya, dengan pembangunan kereta gantung pembangunan sektor pariwisata akan tampak lebih merata. Karena diakui atau tidak, selama ini ada kesan kalau wilayah utara jauh dari perhatian. Sementara wilayah selatan, perhatian dari pemerintah begitu besar. “Ibaratnya, kereta gantung ini bisa menjadi pemicu bagi tumbuhnya destinasi wisata lainnya di wilayah utara. Karena secara potensi, wilayah utara juga tidak kalah dari wilayah selatan,” ujarnya.

Hanya saja, dalam setiap proses pembangunan pasti juga ada dampak negatifnya. Dalam hal ini, kelestrian alam akan terancam. Namun, dampak negatif tersebut bisa diminimalisir dengan proses perencanaan dan kajian yang matang. Untuk itu, harapnya, pembangunan kereta gantung diharapkan tidak sampai mengganggu keseimbangan alam, sehingga perlu proses kajian dan perencanaan yang benar-benar matang harus dilakukan terlebih dahulu.

Tidak kalah penting, ujarnya, keterlibatan masyarakat lokal harus benar-benar diperhatikan, karena masyarakat yang akan terkena dampak secara langsung dari pembangunan ini. “Kalau kedua aspek ini, baik lingkungan dan masyarakat lokal tidak diperhatikan, maka kami anggota DPRD Loteng yang paling pertama akan menolak,” tandas politisi asal PKS ini. (kir)

  Jalur Kereta Gantung Tak Masuk Zona Konservasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here