15 Ribu Pelamar CPNS Lolos Administrasi

Kepala BKPP Loteng,  H. M. Nazili (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Panitia seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) telah menyelesaikan tahapan verifikasi berkas lamaran yang masuk. Dari total 17.433 pelamar, sekitar 15 ribu pelamar di antaranya dinyatakan memenuhi syarat alias lolos seleksi administrasi.

‘’Sisanya sekitar 2 ribu pelamar dinyatakan gugur alias Tidak Memenuhi Syarat (TMS),’’ ungkap Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Loteng, H.Moh. Nazili, S.IP., saat dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 10 Desember 2019.

Meski demikian, ujarnya, detail berapa pelamar yang Memenuhi Syarat (MS) dan berapa yang TMS akan diumumkan tanggal 20 Desember mendatang. Diakuinya, rencana pengumuman hasil seleksi administrasi sedianya akan dilakukan pada tanggal 16 Desember, namun karena ada beberapa daerah yang proses pendaftarannya mundur, sehingga diputuskan pengumuman hasil seleksi administrasi juga mundur. Tapi masih pada rentan waktu yang sudah direncanakan.

Nazili menjelaskan, terkait pelamar yang dinyatakan MS, masih ada kemungkinan untuk bertambah. Pasalnya, Pemkab Loteng tengah mempertimbangkan kebijakan khusus bagi sejumlah pelamar yang dinyatakan TMS. Dengan kata lain, masih ada kemungkinan pelamar yang dinyatakan TMS saat ini bisa MS dan tidak seluruhnya.

Di mana pelamar yang memang tidak memenuhi persyaratan yang prinsip, tetap tidak akan diloloskan. Tetapi untuk pelamar yang tidak memenuhi persyaratan administrasi tapi tidak begitu prinsip masih berpeluang lolos. “Pelamar yang dinyatakan TMS sudah kita klasifikasikan ke beberapa kelompok. Mana yang akan diberikan kebijaksanaan untuk lolos, kita serahkan ke pimpinan,” terangnya, seraya menambahkan, kebijakan ini juga dilakukan di beberapa daerah di NTB.

Soal persiapan yang lain, Nazili mengatakan juga terus dilakukan. Terutama soal lokasi seleksi akademisnya, sudah ditetapkan di SMK Negeri 1 Praya Tengah. Tim dari pusat juga sudah turun untuk mengecek lokasi tersebut dan dinyatakan layak oleh tim pusat.  (kir)