AirAsia Siap Dukung Pariwisata NTB

Veranita Yosephine Sinaga (Suara NTB/bay)

Advertisement

Praya (Suara NTB) – Dipilihnya NTB dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai salah satu dari destinasi wisata super prioritas oleh pemerintah pusat menarik perhatian berbagai pihak untuk ikut terlibat. Tidak terkecuali maskapai seperti AirAsia yang belakangan banyak memfasilitasi penerbangan langsung dari dan menuju Lombok International Airport (LIA).

Direktur Utama AirAsia Indonesia,Veranita Yosephine Sinaga, menegaskan AirAsia saat ini sedang memposisikan diri sebagai salah satu partner bagi Pemprov NTB untuk mengembangkan pariwisata. “Kita salah satu dari partner yang sangat agresif mempromosikan Lombok,” ujarnya saat dikonfirmasi, saat acara peresmian Desa Wisata Bonjeruk, Selasa, 26 November 2019.

Diterangkan Verenita saat ini AirAsia telah memfasilitasi beberapa rute penerbangan langsung dari dan menuju LIA, baik utuk rute domestik maupun internasional. Rute tersebut antara lain Perth – Lombok dengan frekuensi 4 kali seminggu, Kuala Lumpur – Lombok dengan frekuensi 14 kali seminggu. Kemudian ada rute Bali – Lombok serta Jakarta – Lombok dengan frekuensi 14 kali seminggu, Surabaya – Lombok dengan frekuensi 4 kali seminggu, dan Yogyakarta – Lombok dengan frekuensi 3 kali seminggu.

Seluruh rute tersebut disebut Verenita menunjukkan persentase yang bagus jika dilihat dari load factor dengan rata-rata 80 persen. “Perth- Lombok menjadi rute yang paling diminati. 80 persen itu cukup tinggi untuk kategori rute yang baru diluncurkan,” ujarnya.

Selain rute yang sudah ada, Air Asia disebut masih akan menambah beberapa rute lagi, khususnya untuk penerbangan internasional. Walaupun begitu, rencana tersebut diakui masih dalam tahap verikiasi.

“Sydney sekarang ini sedang menjadi bahan pembicaraan (untuk difasilitasi penerbangan langsungnya),” ujar Verenita. Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dijelaskan seperti tipe pesawat yang perlu dioptimalkan dengan jarak tempuh penerbangan.

Saat ini Air Asia disebut memiliki konfigurasi pesawat yang dapat melayani dengan maksimal penerbangan dengan waktu tempuh di bawah empat jam dengan Airbus 320. Untuk penerbangan di atas empat jam, perlu dilakukan pengoptimalan konfigurasi.

Untuk mengakomodir kebutuhan pengembangan wisata di Lombok, Verenita sendiri menerangkan bahwa pihaknya telah mengatur jadwal pertemuan dengan pelaku pariwisata di NTB untuk berdiskusi terkait apa yang dibutuhkan. “Kita akan dengarkan ide-ide dari travel agent dan perhotelan apa yang dibutuhkan ke depan. Dari diskusi ini kita akan cari tahu inisiatif apa yang ke depan bisa kita lakukan,” ujarnya.

Air Asia disebut memiliki semangat yang besar untuk mengulang kesuksesan penerbangan rute Perth – Lombok yang berhasil menaikkan kunjungan wisatawan Australia hingga 400 persen.Dengan kemauan dan komitmen serta visi yang jelas, Verenita menerangkan pihaknya akan memproses seandainya usulan dari pelaku wisata adalah penambahan rute baru ke beberapa daerah atau bahkan negara. (bay)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.