Sumur “Ajaib” Bantu Kebutuhan Air Bersih Masyarakat di Loteng

Aktivitas warga di Dusun Paok Tawah yang mengambil air bersih dari sumur milik Musnawadi.  Sementara di tempat ini termasuk daerah kering dan dataran tinggi serta belum pernah turun hujan. (Suara NTB/ris)

Advertisement

Praya (Suara NTB) – Sudah lebih dari 10 hari masyarakat di Dusun Paok Tawah, Desa Bunut Baok Kecamatan Praya menikmati sumur ajaib yang ada di sana. Dari sumur ini tiba-tiba saja menyembul air dengan volume yang cukup deras di kedalaman 14,5 meter awal November lalu. Air yang menyembul sangat bersih dan jernih, padahal sebelumnya air sumur milik warga sering keruh, karena musim kemarau.

Musnawadi, pemilik sumur itu mengatakan, dirinya tak menyangka ada mata air di sumur yang digalinya tersebut. Sebenarnya itu adalah sumur lama, namun digali kembali untuk mencari air tambahan.” Rencananya kami mau gali dua meter lagi, namun baru satu setengah meter saja digali, airnya sudah muncrat keluar dari bawah tanah. Deras sekali,” tutur Musnawadi kepada Suara NTB, Jumat,  22 November 2019.

Ia menuturkan, kini sumur tersebut menjadi magnet bagi masyarakat Bunut Baok dan sekitarnya. Bahkan warga ada yang datang dari Mataram, Lombok Timur, Lombok Utara dan daerah lainnya. Mereka yang datang dari jauh itu untuk meminta berkah dari sumur ajaib tersebut.” Orang lain yang mengaku air dari sumur ini bisa menyembuhkan, namun saya sendiri menyebut ini sumur biasa saja,” tuturnya.

Dusun Paok Tawah sebenarnya daerah bukan sumber air. Lahan sawahnya kering kerontang, terlebih secara topografis berada di ketinggian. Lebih tinggi dari Kota Praya.” Namun ini kuasa Allah, di musim kemarau seperti ini muncul air yang melimpah di daerah kering,” tuturnya.

Dalam sehari sekitar dua ratusan orang datang untuk mengambil air tersebut. Ada yang mengambilnya dengan menggunakan jeriken, ember dan galon. Ratusan galon atau ember air setiap hari diambil dari sumur tersebut, namun tak sedikit pun terlihat surut.

“ Saya memang pernah mimpi melihat orang ramai datang ke rumah sebelum kami menggali sumur ini. Ternyata maksud mimpi itu ini. Sekarang dari Subuh sampai jam 10 malam orang mengambil air dari sumur untuk kebutuhan sehari-hari” tambahnya.

Ia mendapatkan informasi dari orang yang pernah mengambil air dari sumurnya bahwa air sumur itu bisa menyembuhkan sakit pinggang, gatal-gatal, sakit gigi hingga penyembuhan setelah operasi.”Namun saya hanya bisa katakan, itu sumur biasa. Biarlah masyarakat yang menilai,” katanya.

Sementara, Sahri (60) warga setempat mengatakan, sejak dahulu Dusun Paok Tawah dan sekitarnya adalah daerah yang kekurangan air bersih. Tidak pernah ada fenomena air mata air yang muncul secara tiba-tiba,” Saya sampai setua ini tak pernah menemukan sumur seperti ini besar airnya, jernih pula. Di sini juga belum pernah turun hujan,” katanya.

Selain warga mengambil menggunakan jeriken, galon dan ember, warga juga memasang selang ke sumur tersebut untuk mengalirkan air ke rumah-rumah warga sekitar. (ris)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.