Hari Ini, Rakernas MUI Dibuka

Wapres Terpilih KH.  Ma’ruf Amin, tiba di LIA, Kamis (10/10). Rencananya, KH. Ma’ruf Amin akan membuka kegiatan Rakernas MUI di kawasan The Mandalika, Jumat ini. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang dipusatkan di Masjid Nurul Bilad KEK Mandalika, Jumat, 11 Oktober 2019 bakal dibuka langsung Wakil Presiden terpilih, KH. Ma’ruf Amin. Seluruh persiapan pelaksanaan rakernas sudah dinyatakan siap.

Demikian diungkapkan Kabag Humas dan Protokol Setda Loteng, Drs. H.L. Herdan, M.Si., kepada Suara NTB, Kamis, 10 Oktober 2019.

Ia menjelaskan, para peserta rakernas dari berbagai daerah sudah mulai berdatangan, termasuk Wapres terpilih, juga sudah mendarat di Lombok International Airport (LIA) Kamis siang. “Total akan ada sekitar 300 peserta rakernas yang bakalan hadir yang merupakan utusan dari pengurus MUI dari seluruh provinsi di Indonesia. Dan, rata-rata sudah tiba di Lombok,” terangnya.

Selaku tuan rumah, Pemkab Loteng terus melakukan berbagai persiapan, baik itu persiapan lokasi rakernas, penyambutan sampai dengan penyiapan lokasi penginapan bagi seluruh peserta rakernas. “Yang jelas sebagai tuan rumah, kita upayakan berikan pelayanan yang terbaik bagi peserta Rakernas MUI

tahun ini,” tandasnya.

Herdan menjelaskan, ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan pada rakernas tahun ini. Selain evaluasi program tahun-tahun sebelumnya, MUI juga akan membahas rencana program kedepan. Sekaligus jika memang dibutuhkan, akan membuat rekomendasi-rekomendasi bagi pemerintah.

Dimana nantinya akan ada enam komisi yang akan menggelar rapat dengan materi pembahasan yang berbeda-beda pula. “Untuk agenda kegiatan kita serahkan ke panitia pusat. Kita selaku tuan rumah hanya menyiapkan lokasi,” ujarnya.

Selain kegiatan rapat-rapat, Pemkab Loteng juga sudah menyiapkan beberapa agenda pendukung, seperti bazar dan pasar murah di arena Bazar Mandalika yang lokasinya berdekatan dengan lokasi rakernas. Termasuk juga ada hiburan-hiburan Islam.

Dengan begitu, kegiatan rakernas tahun ini bisa lebih semarak. Masyarakat bisa ikut terhibur dengan adanya event tersebut. “Peserta rakernas bisa tetap fokus pada kegiatan rapat. Masyarakat yang lain bisa turut menikmati kegiatan pendukung yang sudah disiapkan,” tegasnya seraya menambahkan, Rakernas MUI sendiri bakal berlangsung sampai tanggal 13 Oktober mendatang. (kir)