Puluhan Bikers Adu Cepat

Dua bikers tengah adu cepat pada ajang Lombo Sepeda BMX dan MTB cross di Sirkuit Sepeda Lapangan PSLT Praya, Sabtu dan Minggu (6/10). (Suara NTB/kir) 

Praya (Suara NTB) – Sebanyak 96 bikers se-Pulau Lombok ambil bagian pada Lomba Balap Sepeda BMX dan MTB Cross, yang digelar Independent Bikers Comunity (IBC) Lombok Tengah (Loteng) di Sirkuit Sepeda Lapangan PSLT Praya Sabtu, 5 Oktober 2019 dan Minggu, 6 Oktober 2019. Event yang melombakan dua kelas, BMX Cross dan MTB Cross digelar untuk menyemarakkan HUT Loteng yang ke 74 tahun 2019 ini.

Selain diharapkan bisa menumbuhkan minat olahraga sepeda di daerah ini, event tersebut juga diharapkan bisa menjadi ajang penyaluran minat serta bakat para calon-calon atlet balap sepeda Loteng masa depan. Tidak kalah penting, event tersebut bisa sebagai wadah beraktivitas para pemuda di daerah ini pada khususnya, sehingga tidak terjerumus pada kegiatan yang negatif.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahragaa (Dispora) Loteng, L. Dipta, kegiatan serupa ke depan perlu untuk diperbanyak. Karena sangat postif dampaknya. Bisa sebagai wahana penyaluran hobi, minat serta bakat sekaligus wahana pembinaan bagi calon atlet sepeda di daerah ini.

“Pemuda-pemuda kita khususnya, butuh event-event seperti ini. Sebagai tempat menyalurkan bakat dan hobi. Supaya tidak terjerumus melakukan hal-hal negatif. Seperti penyalahgunaan narkoba ataupun hal negatif lainya,” sebut L. Dipta.

Karena selama ini banyak pemuda di daerah ini yang terlibat penyalahgunaan narkoba, karena tidak banyak event yang bisa menjadi ajang penyalur hobinya. Terutama hobi balap sepeda. “Kegiatan seperti ini sangatlah tepat untuk merangkul pemuda agar terhindar dari bahaya narkoba yang menyesatkan,” ujarnya.

Hariadi, selaku panitia penyelenggara mengatakan, antusiasme masyarakat untuk mengikuti event tersebut cukup tinggi, terbukti dari banyak bikers yang ambil bagian dan tidak hanya berasal dari Loteng saja. Tetapi dari beberapa daerah di luar Loteng.

Perhatian masyarakat terhadap event tersebut juga cukup tinggi. hal itu bisa dilihat dari tingginya antuasisme masyarakat untuk menonton ajang adu cepat para bikers tersebut. Dengan kata lain, perhatian masyarakat terhadap dunia olahraga sepeda juga cukup tinggi. “Event ini kita maksudkan juga sebagai sarana menyeleksi bakat-bakat bikers untuk bisa diterjunkan di ajang Porprov NTB tahun 2021 mendatang,” pungkasnya. (kir)