Perluasan Terminal dan Perpanjangan Run Way LIA Tuntas Januari 2021

Lombok International Airport (suarantbcom/IG @lombokairport)

Praya (Suara NTB) – Direktur Operasi PT. Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose, memastikan semua fasilitas penunjang tambahan di Lombok International Airport (LIA) sudah siap di Januari tahun 2021 mendatang. Sebelum gelaran event MotoGP digelar. Mulai dari perluasan terminal hingga perpanjangan run way (landasan pacu) LIA.

Kepada wartawan, Rabu, 7 Agustus 2019, Direktur Operasi PT. AP I, Wendo Asrul Rose, mengatakan saat ini pihaknya memang tengah mengupayakan penataan dan pengembangan fasilitas penunjang tambahan di LIA. Sebagai bagian dari persiapan menyambut event balap dunia MotoGP yang digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ditahun 2021 mendatang.

“Untuk terminal kita perluas lagi di bagian sisi barat dan timur. Begitu pula untuk run way, kita perpanjang 550 meter lagi,” jelasnya. Termasuk pararel taxi way juga dibangun. Untuk menunjang mobilisasi pesawat di run way.

Khusus untuk perpanjangan run way, nantinya LIA bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis apapun. Walaupun dengan panjang run way 2.700 yang dimiliki sekarang ini, LIA sebenarnya sudah bisa didarati pesawat berbadan lebar. “Kita ingin LIA benar-benar siap menyambut event MotoGP. Jadi semua fasilitas penunjang harus benar-benar memadai,” timpalnya.

Disinggung soal kondisi penumpang, Wendo mengaku memang ada penurunan dari sisi penumpang pada semester pertama tahun ini. Jika dibandingkan dengan penumpang pada semester pertama tahun sebelumnya. Namun demikian, pihaknya tetap optimis perkembangan penumpang perlahan akan membaik.

Terlebih saat ini LIA sudah menjadi bandara hub oleh maskapai Airasia. Dan, itu bisa menjadi salah satu pemicu pertumbuhan penumpang di LIA ke depan. Sehingga meski ada penurunan dari sisi penumpang, pihaknya tetap komit untuk menata dan mengembangan LIA. “Prospek LIA ke depan masih terbuka untuk terus berkembang. Dan, menjadi bandara kelas internasional,” tegasnya. (kir)