Tujuh Rusunawa Bakal Dibangun di KEK Mandalika

KEK The Mandalika (Suara NTB/bul)

Praya (Suara NTB) – Sebanyak tujuh rumah susun sederhana sewa (rusunawa) direncanakan akan dibangun di sekitar kawasan The Mandalika oleh pemerintah pusat. Namun pembangunan ke tujuh rusunawa tersebut tidak sekaligus, tapi secara bertahap hingga tahun 2030 mendatang.

Demikian diungkapkan Bupati Loteng, H.M.Suhaili FT, Rabu, 17 Juli 2019. Kepada Suara NTB, usai sosialisasi program Kementerian PUPR di Pendopo Bupati Loteng, Suhaili mengatakan, ke tujuh rusunawa tersebut diperuntukan bagi para karyawan yang bekerja di kawasan The Mandalika.  Namun, tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat sekitar.

Untuk lokasi pembangunan rusunawa, ujarnya, masih dicarikan lahannya.  Dan lokasinya di sekitar kawasan The Mandalika. Apalagi, pembangunan rusunawa diperuntukan untuk mendukung pengembangan kawasan The Mandalika, sehingga karyawan yang bekerja di kawasan The Mandalika tidak perlu pusing untuk mencari tempat tinggal.

Ia menjelaskan, sesuai penjelasan dari pemerintah pusat pembangunan rusunawa dilakukan secara bertahap serta tergantung kesiapan lahannya. Karena program tersebut merupakan program jangka panjang yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah pusat untuk mendukung pengembangan kawasan The Mandalika. Saat ini, tambahnya, Pemkab Loteng tengah mencarikan lahan, bekerjasama dengan pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Selain pembangunan rusunawa, ujarnya, ada beberapa program pusat lainnya yang juga akan dilaksanakan di Loteng, tapi paling banyak berupa program fisik, karena pemerintah pusat ingin infrastruktur pendukung kawasan The Mandalika bisa benar-benar siap guna menyambut event balap MotoGP tahun 2021 mendatang.

“Banyak sekali program pusat yang akan turun di Loteng. Menyusul rencana pengembangan kawasan The Mandalika dan gelaran balap MotoGP. Jadi fokus pemerintah pusat sekarang benar-benar tertuju ke Loteng dan kawasan The Mandalika,’’ klaimnya. (kir)