Safari Ramadhan, Gubernur NTB Sapa Warga Korban Gempa di Loteng

Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah memberikan sambutan saat Safari Ramadhan di Masjid Al Muttaqin Dusun Montong Dao Desa Teratak Kecamatan Batukliang Utara, Selasa (14/5) malam. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Rombongan Safari Ramadhan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., MSc., menyapa warga korban gempa di Desa Teratak Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Selasa, 14 Mei 2019 malam. Pada kesempatan itu, Gubernur NTB, Dr. H. Zukiefliemansyah menyerahkan langsung sejumlah bantuan bagi masyarakat dan kelompok masyarakat setempat yang terkena dampak gempa. Termasuk bantuan dana kepada Pemkab Loteng, senilai lebih dari Rp 1,6 miliar dan diterima langsung Wabup Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP.

Gubernur bersama rombongan menyempatkan diri untuk berbuka puasa dengan para pejabat lingkup Pemkab Loteng dan warga masyarakat setempat. Usai buka puasa bersama, Gubernur NTB dan rombongan juga langsung menggelar Salat Isya dan tarawih berjamaah, di Masjid Al Muttaqin Dusun Montong Dao Desa Teratak.

“Kegiatan safari ramadhan ini kita harapkan tidak hanya sekedar seremoni belaka. Tetapi bisa menjadi wahana silaturahmi antara masyarakat dengan pemerintah,” ungkap Gubernur NTB.

Melalui kegiatan safari ramadhan tersebut, masyarakat bisa tahu dan bertatap muka langsung dengan para pemimpin dan pejabat di daerah ini. Begitu pula sebaliknya, pemimpin dan pejabat di daerah ini juga bisa tahu masyarakat yang dipimpin dan dilayaninya. Dengan begitu, jalinan komunikasi antara keduanya bisa semakin kuat dan bisa menjadi modal berharga dalam menghadapi tantangan pembangunan di masa yang akan datang.

Gubernur mengaku, tantangan pembangunan ke depan jelas semakin berat, sehingga butuh kekompakan dan kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat. Tanpa itu semua sulit untuk bisa memajukan pembangunan serta meraih cita-cita pembangunan di daerah ini. Untuk itu, ujarnya, bagi pejabat di daerah ini agar sering-sering turun menyapa masyarakat dan tidak hanya pada momen Safari Ramadhan saja.

Mantan anggota DPR RI ini berpesan kepada masyarakat supaya terus menjaga kondusivitas wilayah, terlebih masyarakat Loteng dan NTB pada umumnya baru saja menggelar pemilu serentak. Ia pun berharap apapun hasilnya bisa diterima dengan lapangan dada. Karena siapapun pemimpin dan wakil rakyat yang terpilih itulah yang terbaik bagi masyarakat di daerah ini.

“Secara umum pemilu di NTB berjalan aman dan lancar. Soal kemudian ada riak ataupun gejolak, itu hal yang wajar. Tetapi tidak sampai mengganggu tahapan pelaksaan pemilu secara umum. Dan, masyarakat tidak sampai melakukan aksi anarkis menanggapi hasil pemilu yang baru lalu,’’ ujarnya mengingatkan.

Di tempat yang sama, Wabup Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP., memberikan apreasiasi atas perhatian yang diberikan oleh Pemprov NTB. Pihaknya berharap ke depan sinergisitas antara Pemkab Loteng dengan Pemprov NTB bisa semakin kuat. Dukungan anggaran serta program dari Pemprov NTB bagi Loteng ke depan juga diharapkan bisa semakin banyak lagi.

Terlebih saat ini, Loteng tengah menggeliat pembangunannya, sehingga dukungan dari pemerintah provinsi sangat diharapkan, agar jalannya pembangunan di daerah ini bisa berjalan maksimal. “Pembangunan di Loteng tentunya tidak akan bisa lepas dari peran serta dan dukungan dari pemerintah provinsi. Sehingga penting untuk terus memperkuat sinergisitas antar keduanya,” pungkas Pathul. (kir)