Belasan Lapak UKM di Praya Terbakar

Petugas pemadam kebakaran tengah berusaha memadamkan api yang melahap belasan lapak UKM di kota Praya, Kamis, 9 Mei 2019. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Belasan lapak UKM yang berada di depan SMP Negeri 1 Praya Lombok Tengah (Loteng), Kamis, 9 Mei 2019 terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Akibat kebakaran, aktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di lokasi tersebut dipastikan terhenti.

Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 13.00 Wita. Sejumlah saksi mata yang berada di lokasi kejadian mengaku tidak tahu persis asal api tersebut. Namun ada saksi yang melihat sebelum kebakaran berlangsung, ada beberapa pemuda yang tengah membakar sampah di belakang lapak UKM milik Pemkab Loteng tersebut.

“Tiba-tiba saja api sudah membesar dan membakar lapak yang ada,” aku Siti, penghuni lapak. Beruntung saat kejadian berlangsung, sebagian lapak dalam keadaan kosong, karena memang  banyak pemilik lapak yang menutup lapaknya sejak awal bulan puasa.

Kondisi lapak yang kebanyakan terbuat dari papan serta tripleks membuat api dengan cepat membesar. Dua mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan api. Selama sekitar setengah jam lamanya, petugas pemadam kebakaran dibantu warga berupaya memadamkan api.

Akibat kebakaran tersebut, arus lalu lintas di depan SMP Negeri 1 Praya macet total. Para pengendara oleh aparat kemudian dialihkan ke jalur lain. Sementara para pedagang yang lapaknya belum terkena api, berusaha menyelamatkan barang dagangnya. Sekitar pukul 13.50 wita, api akhirnya bisa dijinakkan oleh petugas. Kasus kebakaran tersebut kini masih dalam penyelidikan aparat Polres Loteng untuk mengungkap penyebab kebakaran tersebut. (kir)