Semarakkan Bulan Puasa, Loteng Gelar Festival Ramadhan Sebulan Penuh

Bupati Loteng,  H. M. Suhaili FT (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Pemkab Lombok Tengah (Loteng) akan mengelar Festival Ramadhan selama satu bulan penuh di Alun-alun Tastura Kota Praya. Festival ini diikuti puluhan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di daerah ini. Termasuk dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Loteng.

“Festival Ramadhan ini digelar untuk menyemarakkan bulan puasa. Sekaligus bisa menjadi ajang silaturahmi dan ibadah bagi masyarakat di daerah ini,” ujar Bupati Loteng, H.M. Suhaili FT.S.H., dalam rapat dengan kepala OPD lingkup Pemkab Loteng, Minggu,  5 Mei 2019.

Selain akan diisi dengan festival kuliner tradisional, juga akan ada kegiatan pemberian santunan bagi anak yatim piatu serta kegiatan ibadah lainnya. Selain itu, dalam hal ini Pemkab Loteng memberikan ruang bagi semua lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi menyumbang bagi anak yatim, sehingga semua lapisan masyarakat bisa sama-sama merasakan kegembiraan menyambut bulan puasa. “Yang memberikan sumbang gembira

bisa mendulang pahala kebaikan. Bagi yang menerima santunan juga senang,” tegasnya.

Kegiatan direncananakan dimulai sejak masuk waktu Salat Ashar, kemudian dilanjutkan dengan ceramah 10 menit sebelum Magrib. Setelah itu berbuka puasa bersama dan Salat Maghrib berjamaah hingga Salat Tarawih juga digelar secara berjamaah.

“Kita ingin bulan puasa kali ini benar-benar disemarakkan dengan kegiatan-kegiatan yang positif.  Bukan hanya di kota Praya, tapi kita harapkan juga di semua kecamatan juga bisa melakukan kegiatan serupa,” tambah Suhaili.

Agar tampak lebih semarak, semua kantor OPD, BUMN dan instansi pemerintah serta swasta lainnya juga diinstruksikan akan memasang lampu hias. Atau minimal lampu penerang pinggir jalan. Supaya Kota Praya bisa benar-benar hidup pada malam harinya.

“Khusus untuk menekan gejolak harga kebutuhan pokok selama bulan puasa, Disperindag nantinya juga akan menggelar kegiatan pasar murah di lokasi yang sama,” pungkas mantan Ketua DPRD NTB ini. (kir)