Atribut Pasangan Calon Menjamur, Sat Pol PP Loteng Belum Bersikap

Praya (Suara NTB) – Atribut kampanye bakal pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pilkada NTB di Lombok Tengah (Loteng) makin menjamur. Di wilayah Kota Praya, hampir di setiap sudut atribut kampanye bakal pasangancalon bisa ditemukan. Termasuk di jalur protokol yang seharusnya bebas dari atribut kampanye.

Seperti di jalur depan kantor Bupati Loteng hingga gedung DPRD Loteng, atribut kampanye bakal pasangan calon sudah banyak terpasang di pepohonan yang ada di jalur tersebut. Padahal dari sisi aturan, jalur protokol harusnya bersih dari atribut kampanye atau sejenisnya.

Ironisnya, Satuan Pol PP sejauh ini terkesan tidak peduli dan sampai saat ini belum melakukan langkah-langkah penindakan sebagaimana mestinya. “Kita masih tunggu instruksi dari Panwaslu dulu,” jawab Plt. Kepala Sat Pol PP Loteng, L. Marwan, kepada Suara NTB, Selasa , 23 Januari 2018.

Menurutnya, kalau yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada ranah kewenanganya ada di penyelenggaran pilkada, baik itu KPU maupun Panwaslu. Khusus terkait penertiban atribut kampanye pasanganc alon kepala daerah kewenanganan ada Panwaslu.

Dalam hal ini, kalau pihak Panwaslu belum ada sikap, pihaknya juga belum bisa bertindak. Kalaupun ada persoalan, Panwaslu pastinya segera bersikap. Sementara sampai sejauh ini, Panwaslu belum bertindak. “Prinsipnya kita siap membantu jika memang diminta,” tegas Marwan. (kir)