Galian C Ilegal Diduga Marak di Lingkar Kawasan Mandalika

Praya (Suara NTB) – Aktivitas galian C ilegal di lingkar kawasan Mandalika saat ini disinyalir mulai marak terjadi setelah dimulainya pembangunan di kawasan Mandalika oleh ITDC. Lokasi-lokasi galian C ilegal ini jadi bidikan jajaran Polres Lombok Tengah (Loteng).

Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP I Made Yogi Pusura Utama, SE, SIK, yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin, 20 Februari 2017, mengaku sudah mendapat beberapa laporan terkait aktivitas galian C ilegal di sekitar kawasan wisata Kuta. Bahkan, pihaknya langsung bertindak tegas dengan menutup satu lokasi galian C ilegal di Desa Sukadana Kecamatan Pujut.

Selain menuntup lokasi galian C ilegal, polisi juga sudah mengamankan satu unit alat berat yang digunakan untuk mengambil material galian.

“Selama proses penyelidikan berlangsung, tidak boleh ada aktivitas di lokasi. Kalau kemudian ada pihak-pihak yang coba melanggar, akan kita tindak tegas,”  tegasnya.

Dari hasil penyelidikan diperoleh keterangan, kalau material galian C di lokasi untuk menyuplai kebutuhan material salah satu rekanan proyek penimbunan kawasan Mandalika. Hanya saja, antara rekanan proyek dengan pemilik lokasi galian tidak ditemukan surat perjanjian kerja atau sejenisnya yang resmi.

“Persoalan kemana material galian C tersebut dikirim, itu persoalan lain. Tapi yang jadi fokus penyelidikan kita, lokasi galian C tersebut ilegal. Dan, itu menyalahi aturan,” tandasnya.

Terhadap beberapa lokasi galian C ilegal lainnya, Yogi mengaku masih menunggu laporan lengkapnya. Jika terbukti melanggar, maka lokasi galian C akan ditutup. (kir)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.