Bau Nyale Dipusatkan di Pantai Seger

Praya (Suara NTB) – Perayaan event Bau Nyale di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) tahun ini bakal dipusatkan di satu lokasi, yakni di Kawasan Pantai Seger. Berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya yang dipusatkan di dua lokasi berbeda, yakni Pantai Seger dan Pantai Kuta.

Sekda Loteng, H.M. Nursiah, S.Sos.M.Si, mengaku, keputusan lokasi pusat Bau Nyale sudah ditetapkan. Namun, masalah waktu belum dipastikan. Pihaknya masih menunggu, apakah Bau Nyale akan digelar tanggal 15-16 Februari atau tanggal 16-17 Februari, karena akan ada pembahasan lebih intensif lagi. ‘’Untuk random acara yang akan digelar, saat ini juga tengah dimatangkan,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Kabag.Ops. Polres Loteng, Kompol Made Tamiana, mengatakan, dengan pola satu lokasi perayaan akan memudahkan dalam hal pengamanan. Karena konsentrasi aparat kepolisian bisa terfokus pada satu lokasi kegiatan saja. Tidak demikian halnya kalau pusat perayaan digelar di dua lokasi seperti tahun sebelumnya, aparat kepolisian harus membagi kekuatan, sehingga pengamanan tidak maksimal.

Agar pengamanan bisa lebih maksimal lagi, keterlibatan aparat lainnya sangat diharapkan, baik dari TNI, Pol PP dan unsur pengamanan lainnya. Termasuk pengamanan di tingkat desa, juga harusa ikut terlibat. (kir)