Pemkab Loteng Siapkan Langkah Strategis untuk Kawasan Mandalika

0
????????????????????????????????????

Denpasar (Suara NTB) – Sejumlah langkah strategis telah dan tengah dipersiapkan oleh Pemkab Lombok Tengah (Loteng) saat ini, guna mendukung rencana pengembangan kawasan Mandalika Resort. Terutama yang berkaitan dengan keamanan, isu lingkungan serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) masyarakat di daerah ini.

Demikian disampaikan Wabup Loteng, L. Pathul Bahri, SIP, saat bertemu dengan perwakilan PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC) di Nusa Dua Bali, Sabtu, 10 September 2016.

Pathul mengatakan, khusus terkait keamanan Pemkab Loteng sudah membentuk Badan Keamanan Desa (BKD) di semua desa, termasuk di desa-desa yang masuk dalam kawasan Mandalika. Keberadaan BKD akan didukung dengan Badan Mediasi Desa,  sehingga upaya menjaga keamanan dan ketertiban di tingkat desa bisa lebih maksimal. “Menjaga keamanan di tingkat desa penting artinya. Karena kalau desa sudah aman, maka secara otomatis kabupaten juga akan aman,” terangnya.

Ada pun terkait isu-isu lingkungan, pemerintah daerah juga telah menyiapkan duta lingkungan bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT). Mereka  diharapkan bisa memberikan penyadaran dan pemahaman kepada masyarakat, akan arti penting pelestarian lingkungan sekitar, khususnya bagi kawasan pariwisata.

Pasalnya, kalau kawasan Mandalika sudah berkembang dan maju maka yang akan memperoleh dampak positifnya jelas masyarakat dan pemerintah di daerah ini.

Sementara itu, Koordinator Divisi Operasional ITDC, I Made Pari Wijaya, mengaku sangat mendukung langkah yang telah dan akan diambil oleh Pemkab Loteng. Terlebih, isu-isu yang menjadi garapan Pemkab Loteng tersebut sangat berkaitan erat dengan pariwisata.
Diakuinya, pariwisata sangat sensitif dengan isu keamanan dan lingkungan. Dengan kata lain, kalau kedua aspek tersebut terganggu, maka akan sulit untuk bisa mengembangan pariwisata.

Ia mengungkapkan, banyak kawasan wisata yang hancur dan sulit berkembang, karena persoalan keamanan. Ditambah persoalan kerusakan lingkungan. Karena wisatawan baru mau berkunjung ke kawasan wisata yang sektor keamanannya benar-benar terjamin serta kelestarian lingkungan masih terjaga.

“Kawasan Nusa Dua Bali bisa berkembang menjadi salah satu destinasi unggulan nasional, karena kemananan dan lingkungannya benar-benar terjaga. Hal inilah yang kita harapkan juga bisa dilakukan dikawasan Mandalika nantinya. Karena peluang kawasan Mandalika untuk maju, bahkan melebihi kawasan Nusa Dua Bali lebih besar. Mengingat potensi besar yang dimiliki kawasan ini yang jauh melebihi kawasan Nusa Dua Bali,” paparnya. (kir)