Server Utama Rusak, Pelayanan Kependudukan Loteng Lumpuh

Praya (Suara NTB) – Pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dalam dua hari terakhir, lumpuh total. Alasannya, server utama sistem kependudukan, rusak akibat sambaran petir, Selasa, 29 November 2016.

Sekretaris Disdukcapil Loteng, Baiq Anita Yunindita, mengaku masih belum bisa memastikan, kapan pelayanan kependudukan akan kembali normal. Mengingat, server yang rusak sedang dalam proses perbaikan. Pihaknya pun telah melaporkan kerusakan tersebut ke pemerintah pusat.

Server ini, lanjutnya, merupakan pendudkung utama pelayanan kependudukan. Jadi jika server tersebut rusak, maka pelayanan tidak akan

bisa dilakukan. Sehingga praktis, tidak ada pelayanan kependudukan yang bisa dilayani untuk saat ini. Terutama untuk pelayanan perekamanan dan pembuat dokumen kependudukan lainnya.

Pihaknya berharap kerusakan atas server bisa segera teratasi, sehingga pelayanan kependudukan bisa kembali berjalan. Mengingat, pelayanan kependudukan sebelumnya sudah terganggu. Apalagi stok blanko KTP yang kosong sejak tiga bulan yang lalu. Kini ditambah lagi dengan kerusakan server kependudukan.

“Kita juga tidak bisa berbuat apa-apa. Karena itu di luar kendali kita. Untuk itu, masyarakat diharapkan bisa bersabar. Menunggu perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi,’’ ujarnya. (kir)