Sepekan Dibuka Seleksi Calon Sekda Loteng Nihil Pendaftar

Praya (Suara NTB)

Panitia Seleksi (Pansel) calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) telah resmi membuka pendaftaran bakal calon Sekda Loteng terhitung sejak tanggal 27 Juni lalu.  Namun hingga kini, belum ada satu pun pejabat yang mendaftar, sehingga seleksi calon Sekda Loteng terkesan minim peminat.

“Pendaftaran bagi bakal calon Sekda Loteng sudah dibuka seminggu yang lalu. Tapi sampai sekarang belum ada yang mendaftar,” aku Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Loteng, Drs. H.L. Sastrawirya, kepada Suara NTB, Kamis (7/7).

Ia menjelaskan, pendaftaran bagi bakal calon Sekda Loteng dibuka selama 15 hari kerja. Itu artinya, pejabat yang berminat untuk ikut dalam seleksi calon Sekda Loteng berkesempatan mendaftar sampai tanggal 15 Juli mendatang. Lewat dari itu, maka pendaftaran tidak akan diterima.

Diakuinya, seleksi calon Sekda Loteng terkesan sepi peminat. Tapi bukan berarti tidak ada peminat. Mengingat, ada beberapa pejabat lingkup Pemkab Loteng yang sudah mulai mengurus persyaratan yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran. “Ada beberapa pejabat yang tampak sudah mulai mengurus persyaratan. Seperti ijazah dan persyaratan lainnya,” ungkapnya.

Hanya saja, mantan Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disostektrans) masih enggan mengungkapkan identitas pejabat tersebut. “Yang jelas peminat ada,”  ungkapnya.

Lebih lanjut Mamiq Wir – sapaan akrab Kepala BKD Loteng ini, mengatakan, setelah pendaftaran ditutup selanjutnya akan dilanjutkan dengan verifikasi berkas persyaratan. Baru kemudian ditetapkan bakal calon Sekda Loteng yang berhak mengikuti uji kompetensi dan tahapan seleksi lainnya.

Tahapan seleksi di tingkat pansel direncanakan selesai tanggal 30 Agustus mendatang. Dengan kata lain, Pansel sudah memiliki tiga nama calon Sekda Loteng yang diserahkan ke Bupati Loteng dan selanjutnya, mendapatkan persetujuan dan pengesahan oleh pemerintah pusat.

“Kalau melihat tahapan yang ada, Bulan September mendatang sudah ada penetapan Sekda Loteng yang baru,” tandasnya. Dengan begitu, kekosongan jabatan Sekda Loteng tidak akan berlangsung lama. Pasalnya, pejabat Sekda Loteng yang sekarang ini yakni Drs. H.L. Supardan, bakal berakhir pada bulan Agustus.

Informasi yang berkembang di internal Pemkab Loteng, beberapa nama disebut-sebut sebagai calon kuat untuk menduduki jenjang karir tertinggi bagi PNS lingkup Pemkab Loteng tersebut. Di antaranya Kepala Bappeda Loteng, H.L. Satria Atmawinata, Kepala Dikpora Loteng, Drs. H.L. Idham Khalid, M.Pd., serta Asisten III Setda Loteng, H. Nursiah, S.Sos.

Selain itu ada nama Asisten I Setda Loteng, Ir. H.L. Moh. Amin, M.M, termasuk Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan ESDM Loteng, H.L. Rasyidi, S.T. Selain dinilai memiliki kompetensi sebagai orang nomor satu di jajaran PNS Loteng. Para pejabat juga sudah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. (kir)