Tangani Corona, Desa Diperbolehkan Gunakan DD

Camat Kediri Hermansyah menunjukkan surat imbauan kepada desa untuk pencegahan Corona

Giri menang (Suara NTB) – Pemerintah desa dibolehkan menggunakan dana desa (DD) untuk pencegahan dan penanggulangan virus Corona yang kini mewabah di Indonesia. DD ini bisa diarahkan untuk melakukan sosialisasi, Pengadaan alat deteksi suhu tubuh dan hand sanitizer hingga disinpektan. Pihak desa didorong merevisi APBDes terkait SE Kemendagri agar desa menganggarkan untuk penanganan virus Corona.

Camat Hermansyah menerangkan, pihaknya sudah menindak lanjuti edaran Bupati terkait pencegahan virus Corona dengan melakukan langkah-langkah koordinasi dengan Forkopimcam, kades, TNI dan polri. Pihaknya sudah meminta semua desa membuat himbauan tentang pencegahan Corona melalui surat edaran dan spanduk kepada dusun hingga Masjid dan ponpes. Untuk pelaksanaan pencegahan Corona seperti bahan cuci tangan, hand sanitizer dan penyemprotan desa bisa menggunakan dana desa (DD).

Baca juga:  ITDC Antisipasi Dampak Corona di Destinasi Wisata

“Sejauh ini ada desa yang berinisiatif untuk melakukan disimpektan sendiri. Kami mendorong untuk melakukan revisi di APBDes terkait SE Wamendagri agar setiap desa menganggarkan untuk pencegahan Corona,”jelas Hermansyah. Pihaknya sudah mengumpulkan semua kades bersama TNI-Polri. Sementara itu Sekdis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Heri Ramadhan mengatakan pihaknya sudah menindaklanjuti pencegahan Corona hingga ke desa.
Beberapa yang ditekankan ke desa, seperti waktu kerja, pembatasan jenis pelayanan yang dilakukan desa. “Juga terkait dengan penggunaan APBDes (DD) untuk kegiatan siaga darurat bencana (termasuk pencegahan Corona),”jelas dia. Mengacu Permendes nomor 11 tahun 2019 bahwa intinya dibolehkan. Akan tetapi sesuai mekanisme aturan yang berlaku. Misalnya, mereview APBDes tentang RKPDes dengan memasukkan kegiatan tersebut dan mereview APBDes. Tentunya pengalokasian anggaran DD skala terbatas dengan tetap mengutamakan program kegiatan yang lain. Pihaknya pun sudah merincikan pembelian bahan-bahan yang diperlukan seperti hand sanitizer, masker, bahan disinpektan dan sosialisasi Mobile.

Baca juga:  Pintu Masuk Laut hingga Udara Diperketat

Ia menambahkan, SK tentang siaga bencana Corona juga menjadi dasar untuk melakukan pengalokasian APBDes untuk pencegahan Corona tersebut. (Her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + 14 =