4.332 Korban Gempa di Lobar Terima Buku Rekening

RTG tengah dalam proses pengerjaan di daerah Gunungsari. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Sebanyak 4.332 korban gempa di Lombok Barat (Lobar) menerima buku rekening untuk bantuan susulan rumah tahan gempa (RTG) Pembagian buku rekening itu dilakukan mulai Senin, 20 Januari 2020 di dua tempat, yaitu di Kantor Camat Batulayar untuk wilayah Batulayar dan Gunungsari. Serta di Taman Seni Budaya Narmada untuk wilayah Narmada dan Lingsar.

Kabid Perumahan pada Dinas Perumahan dan Pemerintahaan (Disperkim) Lobar, L. Ratnawi mengaku dana itu merupakan  usulan susulan yang diusulkan ke BNPB.  “Jumlahnya mencapai sekitar 4.332.Sekarang baru dilakukan pembagian buku tabungan untuk segera dilakukan pendebitan,” ungkap Ratnawi, kemarin.

Diakuinya para penerima buku tabungan itu hampir seluruhnya pengerjaan RTG-nya dalam proses, baik yang 30 persen sampai 50 persen. Sebab jika kini tidak lagi dengan sistem pemberian uang muka untuk pengerjaan RTG. Namun pembayaran akan dilakukan sesuai progress. “Jadi tidak ada lagi sekarang uang muka. Sekarang per-progres fisik,” ujarnya.

Langkah ini diambil sebagai langkah antisipasi kemungkinan RTG mangkrak akibat ditinggal aplikator nakal, karena pihaknya tidak ingin kejadian beberapa RTG terulang kembali. Pihaknya mengapresiasi para aplikator yang bonafide, sebab mau mengerjakan lebih dahulu baru dibayar. “Itu baru namanya aplikator bonafide. Jangan kayak aplikator yang bayar dulu baru kerja, kalau itu semua orang bisa jadi aplikator,” ujarnya.

Ia mengakui jika sebelumnya usulan pihaknya untuk susulan bantuan itu sebesar Rp 80 miliar. Namun yang terealisasi baru untuk 4.332 penerima. Sisanya masih dalam tahap pemeriksaan BNPN. Sebab adanya data anomali.Ia mengatakan dana usulan itupun sebagian bersumber dari kas sisa bantuan sebelumnya.  (her)

  Alot, Evakuasi KMP Sita Giri Nusa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here