Pertanian Tak akan Maju Tanpa Industrialisasi

0

Giri Menang ( Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., MSc., menekankan pertanian tidak akan maju tanpa industrialisasi. Untuk memajukan sektor primer ini, maka harus ada sektor sekundernya, yakni menghadirkan teknologi industri, sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi petani.

Penegasan gubernur ini disampaikannya saat memberikan sambutan dalam proses pengukuhan Ketua Kelompok Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi NTB, di Narmada, Senin,  25 November 2019.

Industrialisasi, kata gubernur adalah suatu konsep yang  bisa menciptakan produk yang lebih tahan lama. Dengan sentuhan teknologi, bisa memberikan margin keuntungan yang lebih besar bagi para petani dan nelayan.

Seperti dicontohkan, dalam budidaya ikan tidak saja ikannya saja yang dijual. Akan tetapi ada industri pabrik pakan. Menurutnya, kalau ada pabrik pakan, maka akan bisa membangkitkan perekonomian nelayan.

Begitu juga pada komoditi pertanian yang lainnya. Tomat misalnya, disebut gubernur sudah ditanam berhektar-hektar tapi tidak ada harganya kalau tidak ada industrialisasi. Bawang merah pun demikian. Untuk itu, KTNA diharapkan bisa mencarikan cara agar tomat bisa diolah agar memberikan nilai tambah bagi perekonomian petani.

Gubernur juga mengharapkan, KTNA sebagai organisasi yang akan membantu petani dan nelayan bisa menggerakkan perekonomian ke arah yang lebih baik. Pelantikan pengurus KTNA diharapkan tidak sekadar formalitas. Keberadaan sebuah organisasi bukanlah sekadar untuk mengakomodir kepentingan pejabat dan mantan pejabat. Organisasi sebagai wadah untuk bekerja, bersemangat dan ada cara berkomunikasi dengan lebih pihak,” ucapnya.

Gubernur NTB ini mengaku siap menjalin komunikasi dengan pengurus KTNA. “Nanti kalau ada masalah yang berhubungan dnegan industrialisasi di sektor pertanian, tolong hubungi kami,” pinta Gubernur. (rus)