Polres Lobar Siapkan Posko Pemantauan di Pulau Shopialouisa

Personel Polsek Sekotong sedang melakukan patroli di Pulau Sepatang atau Shopia Lousia. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Jajaran Polsek Sekotong secara rutin melakukan patroli untuk memantau kondisi di pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Australia, yakni Pulau Sepatang atau Shopialouisa yang terletak di Dusun Panggang Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong.

Patroli dilakukan tiga kali sepekan untuk mencegah adanya aktivitas warga yang bisa membahayakan keselamatan dan mengantisipasi negara lain mengakui pulau tersebut. Pulau terluar ini sangat potensial dijadikan lokasi wisata.

pulau Sepatang atau Shopia Lousia di Desa buwun mas Sekotong

Kapolsek Sekotong Iptu I Made Susila Artana mengatakan, kegiatan patroli untuk memantau Pulau Shopia Lousia ini rutin dilaksanakan tiga kali dalam seminggu, sedangkan memantau langsung ke Pulau Shopia Lousia juga rutin dilaksanakan sebulan sekali.

Baca juga:  Oknum Pejabat Lobar Diduga Kuasai Aset Daerah

“Saat ini, Polres Lobar sedang menyiapkan Posko Pemantauan di pantai terdekat dengan Pulau Shopialouisa, yang nantinya akan ditempati oleh personel Polsek Sekotong setiap harinya,” jelasnya, Senin, 9 Desember 2019.

Pembangunan posko pemantauan ini disebabkan akses menuju pantai terdekat dengan Pulau Shopialouisa masih sangat sulit. Medan yang licin di musim penghujan dan sangat berdebu di saat musim kemarau, sehingga waktu tempuh yang dilalui paling cepat 1 jam, itupun bila cuaca bersahabat.

Dijelaskan, posko ini berjarak sekitar satu kilometer dari pemukiman terdekat penduduk terdekat, sehingga dengan keberadaan posko ini, diharapkan personel dapat memantau Pulau Shopia Lousia setiap harinya. Sedangkan dari pantai terdekat menuju Pulau terluar Shopia Lousia waktu tempuh yang dilalui paling cepat 25 menit bila cuaca bersahabat.

Baca juga:  Pemkab Sumbawa Alokasikan Pengadaan Dua Randis

Pulau Shopia Lousia hanya terlihat pada saat air surut, dan apabila cuaca memungkinkan, personel Polsek Sekotong mengecek langsung ke pulau ini. Pulau Shopia Louisa terletak sekitar satu jam perjalanan laut dari Teluk Sepi, Kecamatan Sekotong dengan luas sekitar 300 meter persegi.

Merujuk pada namanya, pulau ini konon ditemukan pertama kali oleh pasangan wisatawan Australia bernama Shopia dan Louisa. Pada 2007, Pemerintah Lombok Barat mengubah nama pulau itu menjadi Pulau Sepatang melalui SK Bupati Nomor 186/31/Pem/2007. Pulau Shopia Louisa dikenal karena potensi bawah laut yang besar. (her)