Proyek Jalan Mareje-Cendimanik, Rekanan Diminta Bertanggung Jawab

Kualitas pengerjaan proyek Jalan Mareje-Cendimanik ini bermasalah. Rencananya, Kamis ini proses perbaikan akan dilakukan kontraktor. (Suara NTB/ist)

Advertisement

Giri Menang (Suara NTB) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Barat (Lobar) memangil rekanan yang mengerjakan proyek Jalan Mareje Kecamatan Lembar-Cendimanik Kecamatan Sekotong. Dinas terkait meminta rekanan bertanggung jawab memperbaiki akses jalan yang dinilai berkualitas jelek tersebut.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas PUPR Lobar, Hambali menjawab keluhan warga Mareje yang masuk ke Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) Lobar tak menampik jika kualitas pengerjaan jalan di beberapa titik tersebut kurang bagus. Menurut dia, kemungkinan titik yang bermasalah aspalnya ini di tanjakan, sebab daerah ini pegunungan yang curam.

“Kemungkinan ini akibat ikatan lapisan ruas batas tidak menyatu, karena lokasi pegunungan yang curam,” jelasnya, Rabu, 27 November 2019.

Untuk penanganan perbaikan, nantinya aspal yang mengelupas akan dikupas lalu diganti dengan aspal baru. Dijelaskan, sejauh ini sudah ada laporan dari PPK yang akan melaksanakan perbaikan Kamis, 28 November 2019. Proyek ini belum berakhir kontak pekerjaannya, sehingga apapun kerusakan yang terjadi tetap menjadi tanggung jawab rekanan.

Ia menekankan agar pembangunan aspal lebih bagus, baik dari segi ketebalan aspal. Tidak bisa ketebalan jalan ini, seperti yang di Mereje. “Ini lapis pertama kelihatannya kok tipis, nah ndak ngerti kerjanya. Apa karena tanjakan terus, tidak meratanya penggilesan. Dan ini akan segera ditindaklanjuti, besok pagi (hari ini, red) dimulai,” jelas dia.

Diakuinya, pengerjaan proyek jalan khususnya jalan di wilayah Sekotong banyak terhambat masalah sosial. Pemborong sulit mau cepat bekerja akibat gangguan tersebut, sehingga begitu kontrak mau mepet, barulah pekerjaannya dikebut. Itu pun kata dia meminta bantuan aparat Intelijen agar berjalan aman. “Sebelumnya ndak bisa berjalan, kami libatkan Intel dari Korem agar pekerjaan ini bisa berjalan,” aku dia. (her)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.