Rekrutmen CPNS di Lobar Masih Sepi Pendaftar

Kabid P2FPT pada BKD dan PSDM Lobar, L. Suastariadi H saat memeriksa jumlah pelamar CPNS yang masuk di lingkup Pemkab Lobar. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Rekrutmen CPNS di Lombok Barat (Lobar) masih sepi pendaftar. Selama dua hari pendaftaran dibuka, baru 30 orang yang mendaftar ke Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM (BKD dan PSDM). Pengumuman formasi CPNS di Lobar memang terlambat sehari, seharusnya dilaksanakan Senin,  11 November, namun mulai diumumkan Selasa,  12 November 2019.  Karena keterlambatan ini, masa pendaftaran CPNS pun diperpanjang sehari agar genap 15 hari.

Kabid pengadaan, penempatan, dan fasilitasi Purna Tugas (P2FPT) pada BKD dan PSDM Lobar, L. Suastariadi H melalui Kasubid Pengadaan Pegawai H. Rizky Bani Adam mengatakan pada hari pertama pendaftaran jumlah pendaftar yang mendaftar sebanyak 10 orang.  “Jumlah pendaftar pada hari kedua baru 30 orang, mungkin kurang menarik ini,” ujarnya, Kamis,  14 November 2019.

Pihaknya memprediksi, para pelamar tengah mempersiapkan berkas- berkas, sehingga belum banyak yang mendaftar CPNS ke Lobar.

Pada penerimaan CPNS kali ini, ujarnya, ada persyaratan yang direvisi untuk mempermudah pelamar. Persyaratan yang dikoreksi, yakni akreditasi perguruan tinggi. Awalnya akreditasi harus institut atau perguruan tinggi dan program studi. Sebab ada Permenpan Nomor 23 tahun 2019 berubah dua kali. Sebelumnya mengharuskan akreditasi untuk perguruan tinggi, institut dan program studi, namun sekarang boleh satu.  “Sehingga sekarang boleh salah satu,” jelas dia.

Kemungkinan, kata dia, persyaratan ini yang menyebabkan menyulitkan pelamar. Pihaknya sudah merevisi pengumuman mengacu pada Permenpan tersebut. Selain revisi akreditasi, tidak ada lagi revisi persyaratan yang lain. Ia berharap dengan persyaratan lebih dipermudah, pelamar akan lebih banyak yang mendaftar. “Karena persyaratan kita revisi, syarat dipermudah kita harapkan pelamar lebih banyak. Cuma tidak bisa diprediksi, karena ini prevelensi pribadi mau mendaftar ke daerah mana, “ujarnya.

Ia menambahkan, pengumuman formasi untuk pendaftaran memang terlambat sehari dari jadwal tanggal 11 November. Karena ada mundur membuka pendaftaran, maka penutupan pendaftaran pun mundur selama sehari. (her)