Kesal Listrik Sering Padam, Warga Beramai – ramai Datangi PLTU Jeranjang

Warga mendatangi PLTU Jeranjang karena kesal listrik sering padam. Apalagi saat ini warga mengadakan kegiatan maulid

Giri Menang (Suara NTB) – Puluhan warga Dusun Bongor Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Lombok Barat mendatangi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang, Kamis,  14 November 2019 sore. Warga beramai – ramai mendatangi pembangkit listrik  tersebut lantaran kesal akibat listrik yang sering padam di daerah setempat.

Padahal warga sudah meminta kepada PLTU Jeranjan agar giliran pemadaman  listrik dialihkan ke tempat lain lantaran di daerah setempat ada kegiatan peringatan hari besar keagamaan. Warga bertambah kesal lantaran listrik di daerah setempat hampir setiap malam mati. “Warga kesal sering mati lampu makanya mendatangi PLTU Jeranjang,” kata  Mursidin,  Warga Bongor.

Warga mendatangi PLTU Jeranjang  sekitar pukul 18.00 WITA. Pada saat listrik mati, masyakarat setempat tengah mengadakan maulid. Sejak awal masyakarat telah mengusulkan ke PLTU Jeranjang agar tidak memadamkan listrik ketika kegiatan tersebut. Akan tetapi pihak PLTU tidak menindaklanjuti. Justru kata dia,   listrik hampir setiap hari mati di wilayah setempat.

Dampak pemadaman listrik tersebut  sangat menganggu aktifitas masyakarat. Menurut dia,  mestinya ada pengalihan giliran pemadaman listrik ke daerah lain agar kegiatan masyakarat tidak terganggu. “Kami sudah usulkan agar jangan padam saat kegiatan hari besar di masyakarat kami,” ujar dia.

Kedatangan warga diterima oleh perwakilan pihak PLTU Jeranjanf dalam hal ini PT Indonesia Power. Penyebab listrik sering padam menurut pihak PLTU, adanya kerusakan mesin pada pembangkit berbahan batubara tersebut.

Sementara itu, Manager Unit UJP PLTU Jeranjang,  Melky Victor Borsalino membenarkan kedatangan warga tersebut. “Sudah kembali (warga). Tadi (saat warga datang) saya bantu telepon ke Manajer Distribusi untuk bantu mengalirkan listrik ke Dusun Gerung karena ada acara keagamaan, ” jelas dia.

Ia berupaya agar malam ini  unit 3 PLTU Jeranjang bisa segera bergabung ke Sistem Lombok untuk mengurangi pemadaman. Unit-unit lain juga akan segera bergabung dalam beberapa hari kedepan untuk menghilangkan pemadaman. “Kalau unit 3 kami saat ini sedang pemeliharaan Boiler Inspection 4000 jam,  baru saja  selesai dan proses start up,” jelas dia.  (her)