Bangkitkan Parwisata Pascagempa, Lobar Gelar Event Gowes Nusantara

Event sepeda nusantara yang diadakan tahun lalu diikuti ribuan peserta termasuk para wiisatawan asing

Giri Menang (suara NTB) – Pemda Lombok Barat terus berupaya membangkitkan parwisata yang masih meredup pascagempa. Berbagai upaya dilakukan pemda, salah satunya melalui memperbanyak event-event. Dalam waktu dekat ini, pemda akan menggelar even nasional Gowes Nusantara. Pemda melalui Dispora dipercayai oleh Kementarian Pemuda Olahraga (Kemenpora) untuk mengelar event ini untuk kali ketiga. Seperti tahun sebelumnya event tahuhan Kemenpora ini akan kembali mengambil rute jalur Senggigi.

Beberapa hal berbeda bakal ditampilkan pada event kali ini, salah satunya event ini akan diikuti oleh 20 peserta nusantara dari perwakilan seluruh Indonesia. Untuk mensukseskan kegiatan yang juga dihajatkan membangkitkan parwisata lobar pascagempa ini,  pihak Dinas Pemuda dan Olahraga pun melaksanakan rapat Persiapan teknis. Dalam rapat teknis ini dihadiri sejumlah pihak terkait untuk membahas beberapa hal seperti persiapan, kemanan, jalur, kenyamanan hingga berbagai hiburan yang akan dipertunjukan.“Ini event yang sangat penting dan perlu kita sukseskan. Kita harapkan gaungnya ini bisa sampai kepada Internasional,” ujar Pihak pemkab Lobar melalui Staf Ahli Bupati Lobar, H Abdul Mahnan.

Event Gowes ini akan digalar pada 1 September 2019 mendatang. Sebanyak 5 ribu peserta ditargetkan akan mengikuti acara ini. Tidak hanya oleh pecinta gowes saja, seluruh ASN di Pemkab Lobar juga akan turut serta mengikuti acara olahraga sehat itu.“Sekolah-sekolah juga, Kalau perlu bisa lebih dari 5 ribu,” ungkap mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan itu.

Lantas apa yang membedakan dengan tahun ?, Ketua Panitia Gowes Nusanara 2019, Plt Kepala Dispora Lobar, Ma,ad Adnan membeberkan jika event itu menjadi titik akhir rute dari tim penjelajah nusantara yang diikuti oleh seluruh pemuda se-Indonesia. Perlu diketahui jika tim jelajah nusantra yang teridiri dari 20 orang itu bersepedah mengelilingi Indonesia. Hal itu merupakan bagian mengkampanyaikan hidup sehat berolahraga. Sehingga para peserta itupun kemungkinan akan turut mengikuti gowes nusantara di Lobar.“Itu starnya di Papua dan Finisnya di Lobar,” ungkapnya.

Para peserta Gowes Nusantara inipun akan menyukai hadiah yang disiapkan panitia. Satu unit Sepeda Motor bermerek siap diperebutkan sebagai doorprize. Di samping puluhan sepedah dan hadiah menarik lainnya.“Itu yang kita siapkan, kita masih berharap dari sponsor yang kita bina kerjasama ada sumbangsi lebih. Harapan kita sih tiket umroh,” imbuhnya. Seperti tahun lalu pada pelaksanaan Gowes Nusantara ini pihak panitia bekerjasama dengan Montana Hotel. Menurut GM Montana Hotel Binang Odi Alam pihanya mendukung event ini demi mengembalikan geliat wisata di Senggigi. Sebab tak bisa ia pungkiri hingga kini Senggigi belum bangkit seperti sebelum Gempa melanda Lombok. “Artinya ini komitmen kita dari setelah gempa sampai hari ini kita tidak akan berhenti untuk membantu mendukung peningkatan pariwisata di Lobar. Lebih utama di Senggigi,” singkatnya. (her)