Peserta Latsar CPNS Lobar Bersihkan Sampah di Senggigi

Kepala BKD dan PSDM Lobar, Suparlan didampingi Kabid Diklat Sapoan bersama peserta Latsar CPNS Lobar membersihkan sampah di Senggigi. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Puluhan peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lobar angkatan I tahun 2018 diajak turun ke kawasan Pantai Senggigi.  Turun lapangan ini salah satu dari rangkaian kegiatan Latsar yang masuk agenda kunjungan lapangan, selain kegiatan pemberian materi di dalam kelas.

Kegiatan yang melibatkan komunitas peduli lingkungan seperti Lombok Ocean Care (LOC) ini bertujuan menumbuhkan kesadaran kalangan di calon pegawai terhadap penanganan sampah.  Selain itu, kegiatan ini juga bentuk dukungan OPD dalam hal ini BKD dan PSDM dalam menjaga kebersihan kawasan wisata dan program Zero Waste.

Kepala BKD dan PSDM Lobar, Suparlan, S.Sos., didampingi Kabid Diklat Sapoan mengatakan kegiatan Latsar CPNS diarahkan untuk bersih – bersih pantai di kawasan Pantai Senggigi. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu kegiatan di daerah wisata khususnya mendorong pemulihan kawasan wisata di mana sampah menjadi persoalan. Lebih-lebih wisata ini jadi tulang punggung pendapatan daerah.

Ia menyebutkan kegiatan ini diikuti 179 orang, angkatan pertama 80 orang lalu sisanya angkatan kedua menyusul digelar.  Kegiatan ini sendiri dipusatkan di LPMP dan merupakan salah satu persyaratan untuk proses menjadi PNS.

Sementara Front Office Manajer Killa Hotel Sengigi dan Pool Villa Club Ahmadi menyambut baik kegiatan BKD dan PSDM tersebut.  Sebab persepsi dari wistawan asing sangat senang kalau kawasan wisata bersih.  “Kami mendukung kegiatan ini,” jelas dia.  (her)