Ruas Jalan di Kawasan Wisata Sekotong Rusak

Ruas jalan utama di kawasan wisata Sekotong, Lobar ini, terancam putus akibat terjangan abrasi pantai. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Akses jalan penghubung utama di kawasan wisata Sekotong, Lombok Barat (Lobar), nyaris putus total akibat sebagian badan alan terkena abrasi pantai. Bahkan jembatan kecil di jalan itu sudah ambruk akibat abrasi. Kondisi jalan provinsi ini pun dikeluhkan pengendara terutama para wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata di sana.

 Jalan yang baru saja dibangun tahun lalu ini terancam putus total jika tak segera ditangani. Pantauan Suara NTB, di lokasi ruas jalan yang nyaris putus akibat diterjang abrasi menyebabkan sebagin bada jalan rusak. Bangunan jembatan kecil yang dibangun di jalan itu bahkan telah ambruk akibat abrasi. Warga pun memasang tanda bahaya di sekitar lokasi agar pengendara tak melintasi ruas jalan tersebut.

Menurut Awal, salah seorang pengunjung yang datang berwisata ke kawasan Sekotong, kondisi jalan ini membahayakan pengunjung. Karena itu jalan ini harus segera diperbaiki. Apalagi kata dia, kawasan ini merupakan lokasi wisata yang ramai dikunjungi pengunjung baik lokal maupun luar negeri. “Khawatirnya jalan ini menyebabkan korban, apalagi kalau yang korban pengunjung asing kan citra daerah jadi jelek,” tegas dia.

Pelaku wisata setempat, Sahnil menuturkan, akses jalan ini sudah lama rusak namun belum ada upaya perbaikan dari Pemda. Kondisi jalan ini dikeluhkan oleh pengunjung yang datang ke Sekotong. Lebih-lebih pengunjung yang datang ke Sekotong terus meningkat. “Harus segera diperbaiki, nanti ada apa-apa dengan pengunjung akibat jalan rusak itu kan citra Sekotong ini jelek,” jelas dia.

Kadis PUPR Lobar, I Made Arthadana mengatakan pihaknya akan segera koordinasikan dengan pemprov NTB untuk perbaikan jalan akibat abrasi. ”Nanti kita cek dan survey. Kami segera koordinasikan dengan pemprov,” jelas dia. Jalan ini masuk ruas jalan provinsi sehingga masuk kewenangan pemprov. Ruas jalan ini dibangun tahun lalu, karena itu pihaknya akan melaporkan hal ini ke provinsi untuk segera diperbaiki.  (her)