Jalan Depan Rumah Wabup Lobar Terpilih Dikeluhkan Warga

Akses jalan rusak di jalur Soekano Hatta menuju Pendopo Bupati ini dikeluhkan warga karena kondisinya rusak parah (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Akses jalan dari simpang empat Masjid Baital Atiq Kota Gerung menuju Pendopo Bupati Lombok Barat (Lobar) hampir sebagian besar rusak parah. Tiap tahun jalan yang berada persis di depan rumah Wakil Bupati (Wabup) Lobar terpilih Hj. Sumiatun ini ditambal sulam oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), namun tak sampai setahun jalan ini rusak lagi. Pemda berencana membangun jalan ini menjadi jalur dua, akan tetapi rencana ini tak kunjung terealisasi. Bahkan sampai saat ini, pembebasan lahan mulai dari simpang empat menuju pendopo belum tuntas.

Kondisi akses jalan yang rusak parah ini pun dikeluhkan warga setempat. Pasalnya, sangat mengganggu pengendara, terutama anak sekolah yang melaui jalan itu. Kerap kali anak sekolah terjatuh di lokasi jalan rusak tersebut. Salah seorang guru Sekolah Dasar yang berada di lintasan jalur itu, mengeluhkan kondisi jalan yang tak diurus. Akses jalan di depan sekolahnya menuju Jalan Soekarno Hatta kondisinya rusak parah seperti lubang sumur.

“Jalan Gerung ini seperti lubang sumur. Anak murid kami untuk menuju ke sekolah itu sering sekali jatuh dari sepedanya, pertanyaanya kami kapan ditembel (ditambal) jalan itu kalau memang  belum ada anggaran,”keluh salah seorang guru tersebut.

Menanggapi keluhan warga ini, Wakil Bupati terpilih Hj Sumiatun mengaku telah menerima keluhan tersebut, ia pun langsung menyampaikan ke Kepala Dinas PUPR agar segera memperbaiki akses jalan tersebut. “Saya sudah langsung sampaikan ke Kepala Dinas PU, mohon diperhatikan akses jalan menuju kantor bupati, kebetulan itu jalan di depan rumah saya. Tolong ditambal sulam saja dulu sebelum anggaran dari provinsi untuk pembangunan jalan itu,” tegas Sumiatun.

Menurut dia, akses jalan ini memang statusnya masuk kewenangan provinsi. Namun akses jalan ini  merupakan jalan yang ada di kabupaten. Lebih-lebih kata dia jalan ini ada di jantung Kota Gerung menuju pusat pemerintahan Pemda Lobar. Sebelum pembangunan jalan ini dikerjakan oleh provinsi, ia berharap agar Dinas PU menambal sulam dulu untuk memberikan kenyamanan bagi warga dan anak sekolah melewati akses jalan tersebut.

Kepala Dinas PUPR Lobar, Made Artadhana mengatakan terkait akses jalan Soekarno Hatta menuju ke Pendopo Bupati sudah ada proses tender di provinsi. Ia belum mengecek kepastian kapan mulai tender dan pengerjaan jalan tersebut, pihaknya perlu koordinasi dengan Dinas PUPR provinsi. “Apakah mulai proses tender dan kapan dikerjakan, perlu kami koordinasikan dengan PUPR provinsi,”kata Made. Perbaikan akes jalan ini kata dia mestinya sampai ke simpang empat Masjid Baital Atiq, sebab jalan ini satu kesatuan ruas jalan Soekarno Hatta. (her)