Pemda Lobar Tegur 80 Investor

KAWASAN MEKAKI - Kawasan wisata di sekitar wisata Mekaki yang indah, namun belum maksimal digarap oleh investor. (Suara NTB/her)

Advertisement

Giri Menang (Suara NTB) – Pemkab Lombok Barat (Lobar) melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah melayangkan surat teguran kepada  80 investor yang telah mendapatkan izin di Lobar. Dari 80 investor ini, salah satunya Mekaki Sekotong. Puluhan Investor ditegur keras lantaran dinilai tak serius melaksanakan izin yang telah diperoleh untuk menggarap lahan di lokasi wisata.

“Seperti Mekaki contohnya kita sudah keluarkan izin, bahkan peletakan batu pertama dan talk show dengan presiden langsung, namun belum ada kejelasan. Kami sudah layangkan teguran,” tegas Kepala DPMPTSP Lobar H. Dulahir.

Ia menyoroti investor Mekaki yang tak serius. Menurutnya, Investor kurang sungguh-sungguh. Padahal izin sudah diberikan. Pihaknya mendesak agar Investor segera merealisasikan izinnya.

Diakui sejauh ini pihaknya sulit berkomunikasi dengan investor terkait, sebab konsultan sering berganti, sehingga pihaknya tak mengetahui pihak mana yang mau dihubungi. Ia menegaskan tak hanya investor Teluk Mekaki yang ditegur, namun semua investor nakal, karena dianggap kurang serius. “Kita tegur ada 80 investor, baik PMA maupun PMDN,” tegasnya.

Puluhan Investor ini ditegur, karena mereka tidak memberikan laporan realisasi investasi, lambat realisasi. Sebab nanti jika sekian tahun tak dikelola juga, maka Pemda bisa ajukan menjadi lahan terlantar.

Ia menyebut PMA yang masuk di Lobar saja sebanyak 218, tahun ini yang masuk sebanyak 5 sehingga total PMA menjadi 225. Sedangkan PMDN sebanyak 35. Mereka kebanyakan Investasi di sektor pariwisata, ada juga di sektor lain seperti perikanan, pertanian dan sektor lain.

Ia menambahkan untuk memaksimalkan kontrol investor ini, pihaknya akan memaksimalkan keberadaan tim satgas perizinan yang selama ini belum maksimal kerjanya disebabkan anggaran terbatas. Pihaknya sudah mengusulkan anggaran ke TAPD agar diberikan tambahan anggaran. (her)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.