Gandeng Forum Mahakarya Putra Taman, PT PLN UIP Nusra Lakukan Penghijauan di Pesisir Pantai Endok

Giri Menang (Suara NTB) – PT PLN (Persero) UIP (Unit Induk Pembangunan) Nusa Tenggara bersama Forum Mahakarya Putra Taman (FMPT) Dusun Taman, Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, melakukan penghijauan di sepanjang pesisir pantai Endok. Penghijuan ini merupakan program Forum Mahakarya Putra Taman Ayu yang didukung oleh PT PLN Persero melalui bantuan 250 bibit pohon kelapa, mangga dan cemara. Program ini disambut baik masyarakat karena dinilai bermanfaat bagi lingkungan terutama untuk mencegah meluasnya abrasi pantai. Forum Maharya mengajak perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar daerah setempat untuk bekerjasama melakukan aksi serupa.

Hadir pada kesempatan itu, Deputi Manager Pengendalian Proyek dan Keselamatan Ketenagalistrikan PT PLN Persero UIP Nusra, Effendi Kurnianto dan Bobi Robson selaku Supervisor Keselamatan, kesehatan Kerja dan lingkungan serta jajaran. Hadir pula Ketua FMPT, L. Zulfikar Ali S.Ap,  Kadus Taman, L. Imran, para RT dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Deputi Manager Pengendalian proyek dan keselamatan ketenagalistrikan PT PLN persero UIP Nusra, Effendi Kurnianto menyatakan kegiatan ini kerjasama dengan Forum Mahakarya putra taman desa taman ayu dan masyarakat setempat. “Kami dari PT PLN UIP Nusra  mengadakan penghijauan di dusun Taman desa taman ayu ini dengan menyumbang 250 pohon kelapa, mangga dan cemara.  Mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat dan ada hubungan dengan warga sekitar,” jelas Effendi.

Bobi Robson selaku Supervisor Keselamatan dan kesehatan Kerja serta lingkungan menyatakan program ini setiap semester dilaksanakan oleh PT PLN UIP Nusra. Pihaknya menjajaki beberapa tempat yang ada sangkut pautnya dengan proyek pihak PT PLN. Lalu bersama para pemuda setempat mencoba melihat potensi di sekitar daerah ini sebelum memberikan bantuan. Ternyata dilihat pohon kepala, mangga dan cemare tumbuh subur.

“Program ini dilaksanakan tiap semester, ditanam 250 pohon terdiri dari 150 kelapa dan 50 cemara laut dan 50 mangga dibagikan ke masyarakat,” jelasnya. Pohon kelapa ini, bakal berbuah hanya durasi 1,5 tahun bisa berbuah. Menurutnya, program ini bentuk perhatian PT PLN terhadap lingkungan. Ada beberapa tempat kegiatan yang telah dilaksanakan PT PLN, seperti pembuatan tempat sampah dan toliet di Pantai Gading Mataram. Pihaknya akan mengevaluasi program ini, apakah memungkinkan dibangun di Pantai Endok.

Ketua FMPT Taman Ayu, L. Zulfikar Ali, S.Ap menyatakan program penghijauan dari PT PLN UIP Nusra ini sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitar pesisir pantai. Sebab dengan dilakukan penanaman pohon disamping menjaga lingkungan juga bisa dinikmati oleh generasi penerus di daerah ini. Pemilihan lokasi penanaman ini karena daerah termasuk dampak abrasi sehingga mencegah meluasnya abrasi dengan penanaman pohon.

“Forum Mahakarya Putra Taman berterimakasih kepada PT PLN UIP Nusra dengan bantuan program penghijauan ini, termasuk atas dukungan PT Indonesia Power. Dalam penanaman pohon ini, forum melibatkan masyarakat dan siswa- siswi SMKN 2 Gerung,” jelasnya. (her/*)