Pasangan Calon Jalur Independen di Lobar Harus Serahkan 40.378 Foto Copy KTP

Giri Menang (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Barat (Lobar) mulai menerima persyaratan dukungan bakal calon perseorangan (independen) yang berniat ingin maju pada Pilkada Lobar 2018. Penyerahan dukungan ini menjadi persyaratan pendaftaran sebagai pasangan calon.

‘’Salah satu persyaratan dukungan yang harus dipenuhi adalah minimal menyerahkan 40.378 foto copy KTP elektronik. Jika ada balon yang menyerahkan jumlah foto copy E-KTP di bawah itu, maka bakal ditolak KPU,’’ tegas Komisioner KPU Lobar, M. Suhardi, Minggu, 12 November 2017.

Tidak hanya itu, ujarnya, dukungan ini harus tersebar di lebih dari 50% (lima puluh persen) jumlah Kecamatan di Lobar atau minimal di 6 kecamatan. Dukungan, jelasnya harus dilampirkan bukti berupa surat pernyataan dukungan dengan melampirkan fotokopi E-KTP atau surat keterangan  (suket) yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Surat pernyataan dukungan ini, lanjutnya, dibuat dengan menggunakan formulir Model B.1-KWK Perseorangan yang disusun secara perorangan atau kolektif per-desa /kelurahan yang dibuat  dalam 3 rangkap. Hal ini terdiri satu dokumen asli dan 2 rangkap salinan dalam bentuk soft copy dan hard copy.

Dokumen dukungan  ini dikelompokkan berdasarkan  wilayah desa dan kelurahan. Selain itu, bakal pasangan calon perseorangan menyusun  rekapitulasi jumlah dukungan  menggunakan  formulir  Model  B.2-KWK Perseorangan dan lembar terakhir  ditandatangani bakal pasangan calon perseorangan  dan bermaterai Rp 6.000.

Terkait waktu penyerahan dokumen syarat dukungan lanjut Suhardi, pihaknya menerima mulai Jam 08.00-16.00 Wita di kantor KPU Lobar. Dokumen dukungan ini, jelasnya, bisa diserahkan langsung oleh bakal  pasangan calon  bupati dan wakil bupati perseorangan  atau tim yang ditunjuk.  Selanjutnya, setelah menyerahkan dokumen dukungan, bakal pasangan calon  perseorangan dan atau timnya harus mengikuti proses penghitungan jumlah dukungan yang diserahkan kepada KPU sampai selesai dan menandatangani berita acara. (her)