Lingsar Juara I Lomba Desa Tingkat Nasional

Giri Menang (Suara NTB) – Desa Lingsar Kecamatan Lingsar Lombok Barat (Lobar) berhasil menjadi juara pada Lomba Desa Terintegrasi Tingkat Nasional yang digelar selama beberapa hari lalu. Desa Lingsar meraih juara I di Regional IV, mengalahkan beberapa tujuh provinsi meliputi Indonesia Timur diantaranya Papua, Maluku, NTT.

Keberhasilan Desa Lingsar meraih juara lomba desa ini menjadi kebanggaan pemerintah kecamatan, desa dan segenap masyarakat setempat serta Kabupaten Lobar sendiri.

Prestasi level nasional yang diraih satu-satunya kepala desa (kades) di Lobar bahkan NTB ini, sekaligus kado terindah di hari peringatan HUT RI ke 72 dan menjadi bukti semangat HUT Lobar ke 59 dengan jargon “Ayo Lanjutkan Berprestasi”.

Kedatangan rombongan Kades Lingsar pun disambut bak pahlawan oleh Bupati H Fauzan Khalid didampingi istri serta seluruh jajaran terkait. “Alhamdulilah Desa Lingsar juara I lomba desa di regional IV (tingkat nasional),” jelas Kades Lingsar, HM Abdul Hadi kepada wartawan, Sabtu (19/8).

Baca juga:  Mantan Kades Kemuning Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Menurutnya, untuk meraih juara lomba desa ini tidak gampang, namun melalui perjuangan panjang dan melelahkan. Tahap penilaian dimulai sejak beberapa bulan lalu, mulai dari pemberkasan. Lalu berkas ini diverifikasi oleh tim pusat. Usai verifikasi berkas, tim pusat turun melakukan peninjauan lapangan tanggal 15 Juli.

Barulah setelah itu, ditentukan tiga besar desa yang masuk mewakili Regional IV ke tingkat pusat. hasil seleksi level Regional IV, Desa Lingsar masuk tiga besar, sehingga berkesempatan untuk seleksi level nasional. Beberapa waktu lalu, pihaknya bersama Ketua PKK Desa dan Camat Lingsar berangkat ke Jakarta tanggal 9-10 Agustus untuk melakukan persentasi di hadapan tim panilai pusat.

Tahapan presentasi, menurutnya begitu ketat, sebab tim juri berasal dari Inspektur Jenderal masing-masing kementerian, baik Bappenas, Kementerian Desa, Kemendagri dan PKK Pusat. Selain itu ada juga akademisi. Selama presentasi, ia ditanya berbagai hal terkait potensi desa, pemerintahan dan inovasi serta pemberdayaan desa.

Baca juga:  Siswi SMKN 6 Mataram, Bersaing Jadi Duta Berprestasi Nasional

Desa yang menempati juara II tambahnya dari Maluku Utara sedangkan juara III diraih NTT. Penilaian untuk lomba desa saat ini per regional, tidak ada juara secara umum. Menurutnya, prestasi ini adalah buah kerjasama antara desa dengan kecamatan, pemda dan masyarakat setempat.

Kedatangan Kades Lingsar didampingi sang istri bersama Kepala Dina Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) L Edi Sadikin dan Camat Lingsar Rusditah di Lombok International Airport, Sabtu (19/8) disambut meriah oleh jajaran Pemkab Lobar.

Di kantor desa sudah menunggu bupati didampingi sang Istri menyambut kedatangan kades pertama di Lobar bahkan di NTB meraih prestasi di level nasional ini. Kemeriahan penyambutan Kades Lingsar ini pun mulai dari jalur Pura Lingsar hingga kantor desa. Warga menyambut kadesnya bak pahlawan, karena mampu menjuarai lomba desa level nasional.  (her)