Fauzan Yakin Diusung Golkar, Demokrat Belum Final Dukung TGH. Hasanain Juaini

Giri Menang (Suara NTB) – Paket H. Fauzan Khalid – Hj. Sumiatun hampir pasti berpasangan pada pilkada 2018 mendatang. Paket ini kemungkinan diusung Partai Golkar. Sedangkan TGH. Hasanain Juaini sejauh ini belum final didukung Partai Demokrat. Sementara itu, Gerindra memilih tetap mengusung kader sendiri untuk maju pada pilkada nanti.

Ditemui sebelum Salat Jumat, H. Fauzan Khalid mengklaim dirinya hampir pasti berpasangan dengan Hj. Sumiatun yang juga Ketua DPRD Lobar. “Hampir, persentasekan teman-teman wartawan lah. Hampir positif. Hampir itu, hampir pasti,” jawabnya sambil tersenyum.

Kendati demikian, Fauzan belum berani mengklaim rekomendasi Partai Golkar akan mengarah padanya. Menurutnya, persyaratan di Golkar masih menunggu hasil survei internal dari partai berlambang pohon beringin itu. “Golkar tidak percaya oleh hasil survei yang dibuat oleh bakal calon. Dan Golkar pun melakukan survei tersendiri dan informasinya memakai LSI,” ungkapnya.

Dikonfirmasi mengenai dukungan beberapa parpol yang mengarah ke dirinya, Fauzan hanya tersenyum simpul. Dia menolak memberi jawaban terkait arah dukungan parpol-parpol terkait. “Saya begini, takut dianggap mengklaim. Lebih baik yang berkomentar itu pimpinan partai,’’ ujarnya.

Mengacu itu semua, Fauzan Khalid yang juga Bupati Lobar itu belum bisa memastikan kapan waktunya untuk melakukan deklarasi dirinya dengan Hj. Sumiatun.

Sementara itu, Ketua DPD II Partai Demokrat Lobar Ustadz Sahmad yang dikonfirmasi di sela-sela kunjungannya ke Bupati Lobar mengatakan pihaknya tetap mengacu pada acuan yang sudah di partai berlambang bintang mercy. “Mekanisme daripada calon yang ada di Demokrat harus melalui proses pendaftaran, dan nanti finalnya di DPP Partai (Demokrat),” ujar mantan Wakil Ketua DPRD Lobar tersebut.

Dalam kesempatan itu, dia juga menegaskan sampai saat ini Partai Demokrat belum memberikan rekomendasi atau dukungan ke salah satu calon, termasuk ke TGH. Hasanain Djuaini yang digadang-gadang akan memakai kendaraan Partai Demokrat.

“Demokrat belum ke salah satu calon. Namun demikian kita tetap mensuport kader-kader yang ada di lembaga atau organisasi tertentu. TGH. Hasanain itu kader Demokrat dan beliau kader terbaik kami,” paparnya.

Mengenai jadwal pembukaan penerimaan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Lobar, Sahmad mengatakan pihaknya masih menunggu instruksi dari DPD Demokrat NTB dan DPP di Jakarta.

Sementara itu, pengurus Gerindra yang juga Wakil Ketua DPRD Lobar, H. M. Nursaid menyatakan Gerindra tetap mengusung calon dari kader sendiri. Sejauh ini ada beberapa calon yang sudah berkomunikasi ke tingkat provinsi dan DPP, namun kepastian siapa yang diusung belum final. “Yang jelas kami (Gerindra, red) mengusung kader sendiri yakni H Muhammadun,” ujarnya.

Terkait komunikasi dengan TGH. Hasanain Juaini menurutnya pihaknya sudah bertemu dengan bersangkutan, namun belum ada kepastian untuk mengusungnya pada pilkada nanti. (her)