Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Desa di Lobar Diterjang Banjir

Giri Menang (suarantb.com) – Hujan deras melanda Lombok Barat (Lobar) dan wilayah sekitarnya. Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan bajir di beberapa titik, Sabtu 24 September 2016. Kabid Humas Polda NTB, Dra Tri Budi Pangastuti mengatakan hujan menyebabkan Dusun Buncit, Kecamatan Lembar dilanda banjir.

Banjir disebabkan meluapnya air sungai di Dusun Buncit. Banjir kemudian melanda perumahan warga dengan ketinggian air mencapai 50 meter. Namun, warga tidak berkenan dievakuasi dengan alasan terbiasa menghadapi banjir.

Baca juga:  Relokasi Korban Banjir Naik Penyidikan

Tri Budi mengatakan Polres Lobar berkoordinasi dengan BPBD Lobar, PMI, Polsek Lembar, dan Tagana. Personel gabungan ini bersiaga di lokasi

guna mengamankan warga yang terkena bencana banjir tersebut. Selain itu, tim gabungan juga mengantisipasi terjadinya tindakan kriminalitas saat bencana banjir terjadi.

Sementara, sawah dan ladang warga turut terendam banjir. Hasil tani berupa padi dan kacang ijo diprediksikan mengalami kerusakan. Namun, kerugian materil saat ini belum dapat dipastikan.

Baca juga:  Dua Mahasiswa Jadi Korban, Warga Diminta Waspadai Bencana Musim Hujan

Sementara, banjir juga terjadi di Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Lobar, sekitar 200 rumah penduduk tergenang banjir. Hujan tidak hanya terjadi di Lobar. Hujan dengan intensitas rendah juga mengguyur Kota Mataram, namun tidak menimbulkan banjir. Hanya beberapa titik jalan tergenang air. Salah satunya, Perempatan Majapahit, Mataram. (szr)