Dishub Segera Turun Cek Kabel Bawah Laut di Gili Gede

Giri Menang (Suara NTB) – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Lombok Barat (Lobar) segera turun mengecek pemasangan kabel bawah laut ke Gili Gede oleh investor yang diduga tak berizin.

Dinas terkait turun ke lokasi menindaklanjuti adanya aduan kelompok masyarakat yang diterima beberapa hari lalu. Dinas terkait akan menelusuri perizinan pemasangan kabel terkait, terutama dampaknya pada arus pelayaran laut.

Demikian disampaikan Kadishubkominfo Lobar, Ahmad Saikhu kepada wartawan ditemui di ruang kerjanya, Kamis  21 Juli 2016.

Dijelaskan, lebih jauh jika itu masuk dalam arus pelayaran laut maka tentu rekomendasi seharusnya ada dari Dishubkominfo. Hal ini perlu dicek agar keberadaan kabel ini tidak mengganggu masyarakat setempat. Katagori arus pelayaran, jelasnya, artinya ada arus pelayaran yang dipakai masyarakat dan pihak terkait lainnya.

Pihaknya perlu mengecek posisi kabel, sehingga perlu dicek turun ke bawah. Setelah turun, pihaknya akan membuat telaahan staf untuk tindak lanjut ke pimpinan.

Ia mengaku, sejauh ini pihaknya tak pernah dikoordinasikan atau diminta kajian terkait pemasangan kabel di Gili Gede. Termasuk koordinasi lintas sektor dalam hal ini Dishub tidak pernah mengajak pihaknya berkoordinasi kaitan dengan masalah kabel bawah laut.

Biasanya, lanjut mantan Camat Labuapi ini, jika ada permohonan izin masuk lewat perizinan itu perlu dilakukan ekspose di bawah tim pemda.

Dalam ekspose ini biasanya akan diundang instansi berkaitan dengan itu. “Kami selalu diundang jika ada ekspose terkait permohonan izin pembangunan baik lokasinya di darat dan laut. Tapi kabel bawah laut ini tidak pernah,”akunya.

Sebelumnya, Ketua Pokmaswas Sekotong, Farhan mempertanyakan ada satu vila milik warga negara asing yang telah memasang instalasi dan menyambungkan listrik dari bawah laut. Panjang kabel yang dipakai sekitar 900 meter. “Diduga pemasangan instalasi listrik bawah laut ini tak ada izinnya. Warga mempertanyakan ini,” ujarnya. (her)