Lombok Masuk Enam Besar Destinasi Paling “Trending” di Dunia

Salah Satu Destinasi Wisata di Lombok (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pulau Lombok di NTB masuk dalam salah satu destinasi wisata paling trending, berdasarkan perangkingan yang dilakukan situs perjalanan wisata terbesar dunia, Tripadvisor. Di mana Lombok ada pada posisi enam destinasi wisata paling diminati.

Beberapa kelebihan Lombok yang menjadi catatan antara lain jumlah wisatawannya yang lebih sedikit dari Bali, sehingga menawarkan pengalaman liburan yang lebih personal. Terutama dengan pesisir pantai dan lokasi menyelam yang telah dikenal dunia. Termasuk dengan kegiatan pendakian dan wisata air terjun yang tidak terhitung jumlahnya.

Iklan

Terdongkraknya reputasi Lombok sebagai destinasi wisata tingkat dunia, melahirkan kebutuhan untuk mendorong pemerataan pembangunan pariwisata. Khususnya antaran Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. L. Moh. Faozal, S.Sos, M.Si menerangkan upaya pemerataan tingkat kunjungan memang tengah diupayakan oleh Pemprov NTB. ‘’Sesuai arahan Pak Gubernur, sekarang ini pengembangan pariwisata di Pulau Sumbawa itu diarahkan ke Pulau Moyo,” ujarnya, Minggu, 1 Maret 2020.

Diterangkan Faozal, beberapa hal yang perlu diatasi terkait pariwisata di Pulau Sumbawa adalah belum adanya jalinan koordinasi yang sistematis. Terutama melalui asosiasi-asosiasi pelaku industri yang belum terbentuk.

“Di sana itu belum ada Asita, PHRI, atau ASPPI,” ujar Faozal. Terkait pengembangan Pulau Moyo, disebutnya memerlukan dukungan dari para pelaku industri pariwisata tersebut. Terutama untuk menghilangkan kesan eksklusif dari destinasi tersebut.

‘’Ini yang kita inginkan dari industri, untuk menghilangkan kesan Moyo itu eksklusif. Ada sisi lainnya yang bisa dieksplor,’’ sambungnya.

Selain Pulau Moyo, pengembangan pariwisata di Sumbawa juga diarahkan pada Tambora untuk menjadi Global Geopark pada 2021 mendatang. ‘’Pulau Moyo dan Tambora ini terutama kita perkuat dari segi promosinya. Banyak orang mengira kalau tidak ke Amanwana itu tidak ke Moyo, itu keliru,’’ ujarnya. (bay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here