Lombok Barat Buka Pendaftaran 1.876 Formasi CPNS dan PPPK

Syahrudin (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pendaftaran CPNS dan PPPK Lombok Barat (Lobar) tahun 2021 sudah resmi dibuka per 30 Juni kemarin. Pihak Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM (BKD dan PSDM) setempat telah membuka pendaftaran 1.876 formasi CPNS dan PPPK.

“Adanya jadwal baru dari BKN, memang kami diminta pendaftaran dibuka harus tanggal 30 Juni ini,” ungkap Kepala BKDPSDM Lobar, Syahrudin, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu, 30 Juni 2021.

Iklan

Untuk itu, pihaknya bersama panitia seleksi tingkat Kabupaten Lobar melaksanakan rapat guna merevisi pengumuman yang sebelumnya sudah dibuat untuk disesuaikan kebijakan BKN yang baru. “Hari ini (kemarin, red) juga kami akan lapor ke Pak Sekda selaku ketua, karena hari ini kami diharuskan untuk segera mengumumkan,” ujarnya.

Terkait formasi untuk CPNS dan guru P3K di Lobar masih tetap sama dan tidak ada perubahan, yakni 1.876. Itu terdiri dari formasi CPNS dari tenaga kesehatan (nakes) berjumlah 118 dan tenaga teknis berjumlah 6 formasi serta guru PPPK berjumlah 1.752 formasi. “Jadi setelah ini resmi dibuka, portal pengumuman dan pendaftaran sudah bisa dibuka. Secara publik sudah bisa terakses” jelas Syahrudin.

Diakuinya, bila akses informasi mengenai CPNS untuk Lobar belum bisa diakses publik, maka Pemda Lobar harus siap dengan konsekuensi ancaman pengurangan formasi yang akan diberikan oleh BKN. Sehingga pihaknya sejak awal pekan kemarin sudah mulai mematangkan persiapan untuk mengeluarkan pengumuman tersebut.

Terkait syarat pendaftaran bagi para peserta, disebutnya masih tetap sama dan tidak ada syarat tambahan. “Yang jelas, petunjuk yang diberikan oleh BKN itu yang kita lakukan dan modifikasi di daerah” paparnya.

Untuk pelaksanaan tes, Lobar akan kembali melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) di UPT BKN Regional Mataram. Dan sejauh ini pihak BKDPSDM sudah menjalin kerjasama terkait hal tersebut.

Terkait informasi pengumuman seleksi sesuai yang tertera pada laman resmi BKN ASN akan dimulai dari 30 Juni – 14 Juli 2021. Kemudian pendaftaran seleksi ASN itu dari 30 Juni – 21 Juli. Pengumuman hasil seleksi administrasi akan dimulai dari 28 – 29 Juli. Lalu terkait dengan masa sanggah akan berlangsung dari 30 Juli – 1 Agustus, disambung dengan masa jawab sanggahan itu mulai 30 Juli – 8 Agustus. Kemudian pengumuman pasca sanggah rencananya pada 9 Agustus.

Tes SKD rencananya akan dilaksanakan nanti tanggal 25 Agustus sampai 4 Oktober 2021. Serta pengumumannya direncanakan pada tanggal 17 – 18 Oktober mendatang ditambah dengan persiapan pelaksanaan SKB yang dimulai tanggal 19 Oktober sampai 1 November 2021. Dan pelaksanaan tes SKB sendiri mulai tanggal 8 – 29 November 2021. Penyampaian hasil integrasi SKD dan SKB beserta seleksi PPPK non-guru, rencananya tanggal 15 sampai 17 Desember. Di bulan yang sama, pengumuman kelulusan direncanakan pada tanggal 18 sampai dengan 19 Desember 2021.

Begitu juga di Lombok Tengah (Loteng). Tahapan rekrutmen CPNS dan PPPK sudah dibuka. Tidak ada perubahan berarti terkait formasi yang dibuka. Loteng tetap kebagian 2.880 formasi untuk CPNS dan tenaga PPPK, paling banyak di NTB.

“Pendaftaran seleksi CPNS dan tenaga PPPK untuk Loteng, sudah mulai buka,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Loteng, H.Moh. Nazili, S.IP., kepada Suara NTB, Rabu kemarin. Ia mengatakan draf formasi yang dibuka sudah ditandatangani oleh Bupati Loteng dan, panitia seleksi siap menerima berkas pendaftaran calon peserta seleksi.

Ia pun mengingatkan kepada calon peserta seleksi supaya cermat ketika mengisi dan meng-upload berkas pendaftaran. Jangan sampai keliru. Karena itu akan sangat menentukan lolos tidaknya pendaftar tersebut dalam seleksi administrasi nantinya. (her/kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional